5 Jenderal TNI AD Berkarier Moncer Kelahiran Cirebon, 3 di Antaranya Mantan Danjen Kopassus

Minggu, 12 Februari 2023 - 05:38 WIB
loading...
5 Jenderal TNI AD Berkarier Moncer Kelahiran Cirebon, 3 di Antaranya Mantan Danjen Kopassus
Letjen TNI (Purn) Kuntara, Letjen TNI (Purn) Madsuni, dan Letjen TNI (Purn) Yogie Suardi Memet merupakan jenderal TNI kelahiran Cirebon yang pernah menjabat Danjen Kopassus. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah jenderal TNI AD berkarier moncer kelahiran Cirebon , Jawa Barat. Beberapa di antaranya pernah menjabat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Dalam riwayatnya, cukup banyak daerah yang melahirkan prajurit-prajurit TNI mumpuni dan berhasil meraih pangkat tinggi di instansinya. Dari sekian banyak, salah satu di antaranya adalah Cirebon.

Berikut lima jenderal TNI AD berkarier moncer kelahiran Cirebon, Jawa Barat:

1. Letjen TNI (Purn) Kuntara

Letnan Jenderal TNI (Purn) Kuntara merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Dia diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1963.

Kuntara lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 1 September 1939. Dalam riwayat kariernya di TNI, jenderal bintang tiga ini sudah banyak mencicipi berbagai jabatan strategis.

Di antaranya adalah Danjen Kopassus periode 1988 sampai 1992, hingga Panglima Kostrad periode 1992-1994. Selain itu, Kuntara juga pernah terlibat dalam Operasi Woyla dengan misi membebaskan sandera Pesawat Garuda Indonesia yang dibajak di Thailand tahun 1981.

2. Letjen TNI (Purn) Madsuni

Berikutnya ada Letnan Jenderal TNI (Purn) Madsuni. Purnawirawan TNI AD ini lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 14 Februari 1964.

Dalam riwayatnya, jenderal bintang tiga ini adalah arbituren Akademi Militer (Akmil) 1988 dari kecabangan infanteri Kopassus. Tercatat sepanjang kariernya, sejumlah posisi penting pernah disandang Madsuni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)