Indonesia Kirim 62 Personel Gabungan Tahap Pertama Bantu Korban Gempa Turki

Sabtu, 11 Februari 2023 - 10:59 WIB
loading...
Indonesia Kirim 62 Personel Gabungan Tahap Pertama Bantu Korban Gempa Turki
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam jumpa pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (11/2/2023). Foto/MPI/Martin Ronaldo
A A A
JAKARTA - Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah. Sebanyak 62 personel gabungan dikerahkan pada pengiriman bantuan tahap pertama.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bantuan yang hari ini diberangkatkan sebagai bentuk dukungan pemerintah Indonesia terhadap negara-negara sahabat. Dia menjelaskan, pengiriman bantuan tersebut sebagai tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Menindaklanjuti perintah dari Bapak Presiden, dalam kaitannya dengan pemberian bantuan kepada negara sahabat yaitu pemerintahan Turki yang menghadapi cobaan bencana, maka pada hari ini telah akan kita berangkatkan bantuan tahap pertama yang akan disusul tahap-tahap berikutnya," ujarnya kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (11/2/2023).





Untuk bantuan tahap pertama ini, ia mengatakan Indonesia mengirimkan tim Medium Urban Search and Rescue atau MUSAR Basarnas sebanyak 47 personel. Dia mengatakan, keberangkatan tim Musar menjadi prioritas mengingat pencarian korban yang tertimbun reruntuhan gempa hingga saat ini masih terus dilakukan.

"Tim akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C 130 dan Boeing 737. Total tim yang diberangkatkan 62 orang dengan rincian 47 dari Basarnas, 15 personel dari BNPB," jelasnya.

Pantauan MPI di Lanud Halim Perdanakusuma, terlihat pasukan mulai berbaris dan barang-barang bantuan pun sudah mulai dikemas untuk diterbangkan ke Turki dan Suriah dengan menggunakan Pesawat Boeing 737 TNI AU dan Hercules C130.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2566 seconds (0.1#10.140)