BNPB : 90 Personel Tim Medis Siap Berangkat Bantu Korban Turki dan Suriah

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:54 WIB
loading...
BNPB : 90 Personel Tim Medis Siap Berangkat Bantu Korban Turki dan Suriah
BNPB menyampaikan sebanyak 90 personel emergency medical technician atau tim medis dari Kemenkes, TNI, Polri, dan juga organisasi masyarakat siap diberangkatkan bantu korban gempa Turki dan Suriah. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan sebanyak 90 personel tim medis siap diberangkatkan bantu korban gempa Turki dan Suriah. Mereka merupakan gabungan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), TNI, Polri, dan juga organisasi masyarakat.

“Kita akan kita akan men-deploy, kita mengirimkan emergency medical technician atau tim beranggotakan setidaknya 90 orang yang sudah kita identifikasi hingga saat ini ini beranggotakan personil dari Kementerian Kesehatan, TNI, Polri, dan organisasi masyarakat yang juga berkualifikasi dalam medical emergency response, sehingga nanti benar-benar bisa berperan secara optimal ketika sampai di lokasi terdampak,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari saat jumpa pers secara virtual, Kamis (9/2/2023).



Aam sapaan akrabnya mengatakan dukungan kemanusiaan ke Turki dan Suriah merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Untuk itu menindaklanjuti arahan Bapak Presiden maka sudah dilakukan pertemuan, serangkaian pertemuan tingkat menteri yang kemudian dilanjutkan dengan serangkaian pertemuan secara teknis untuk membahas persiapan dan pengiriman bantuan kemanudiaan yang dimaksud,” tuturnya.

Lebih lanjut, Aam menuturkan tim medis ini juga akan membawa obat-obatan serta satu paket rumah sakit lapangan yang difasilitasi dengan kemampuan untuk mengoperasi darurat korban gempa.

“Tim emergency medical technician ini juga akan secara optimal, secara lengkap membawa alat perangkat, dan obat-obatan beserta satu paket unit rumah sakit lapangan yang difasilitasi lengkap dengan fasilitas dan kemampuan serta kapabilitas untuk melakukan operasi untuk pertolongan korban, operasi medis secara darurat di lapangan,” jelas Aam.

“Sehingga kita harapkan personel alat perangkat dan Rumah Sakit lapangan ini nantinya benar-benar bisa berfungsi optimal dalam mendukung operasi penyelamatan korban di daerah terdampak di Turki,” tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5266 seconds (0.1#10.140)