Indonesia Kirim 47 Personel SAR Bantu Evakuasi Korban Gempa Turki dan Suriah

Kamis, 09 Februari 2023 - 17:14 WIB
loading...
Indonesia Kirim 47 Personel SAR Bantu Evakuasi Korban Gempa Turki dan Suriah
BNPB menyebut Pemerintah Indonesia akan mengirimkan sebanyak 47 personel Search and Rescue (SAR) untuk membantu evakuasi korban gempa di Turki dan Suriah. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Pemerintah Indonesia akan mengirimkan sebanyak 47 personel Search and Rescue (SAR) untuk membantu evakuasi korban gempa di Turki dan Suriah.

“Tahap pertama, Indonesia akan mengirimkan Tim Medium Urban Search and Rescue atau yang disebut dengan MUSAR berkekuatan 47 personel dari Basarnas dengan kualifikasi SAR Internasional,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari saat jumpa pers secara virtual, Kamis (9/2/2023).



Aam sapaan akrabnya mengatakan bahwa tim dari Basarnas ini telah memiliki sertifikasi dan kualifikasi SAR internasional. “Jadi kita harus berbangga bahwa tim Search and Rescue (SAR) Basarnas memiliki sertifikasi dan kualifikasi SAR Internasional sehingga kita bisa mengirimkan personil SAR ini ketika terjadi bencana bencana di tingkat regional.”

“Ini berjumlah 47 personel dan akan didampingi oleh tim manajemen dari BNPB beranggotakan 12 personel yang akan diberangkatkan dalam satu hingga dua hari ke depan,” jelas Aam.

Dia melanjutkan tim personel ini akan dikirimkan dalam waktu satu atau dua hari ke depan termasuk dengan alat peralatan yang dibawa dari Indonesia. Termasuk 2 unit kendaraan operasional dengan menggunakan pesawat Hercules dari TNI.

“Saat ini kita sedang menunggu flight clearance untuk kita bisa membawa personel ini lengkap dengan alat peralatan yang dibawa seluruhnya dari Indonesia, termasuk 2 unit kendaraan operasional yang akan digunakan nanti di Turki yang kita bawa dari Indonesia dengan menggunakan pesawat Hercules dari TNI,” papar Aam.

Diharapkan dalam dua hari ke depan tim sudah berada di Turki untuk membantu pencarian korban akibat gempa Turki.

“Jadi kita harapkan segera setelah flight clearance ini kita dapatkan yang kita harapkan dalam satu atau maksimal 2 hari ke depan di Tim Medium Urban Search and Rescue ini sudah bisa berangkat dan berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya pencarian dan penyelamatan korban di Turki, daerah terdampak di Turki,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)