5 Komandan Korps Marinir Termuda dalam Sejarah TNI AL, Nomor Terakhir 25 Tahun

Kamis, 09 Februari 2023 - 13:55 WIB
loading...
5 Komandan Korps Marinir Termuda dalam Sejarah TNI AL, Nomor Terakhir 25 Tahun
Terdapat sediikitnya lima Komandan Korps Marinir (Dankormar) termuda dalam sejarah. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat sediikitnya lima Komandan Korps Marinir (Dankormar) termuda dalam sejarah . Salah satunya bahkan berusia sekitar 25 tahun.

Mengutip informasi dari laman Korps Marinir TNI AL, sejarah keberadaan Korps Marinir bermula pada 15 November 1945. Saat itu, namanya masih menggunakan Corps Marinier dengan komandan pertamanya Mayor Laut Agus Subekti.

Pada perkembangannya, unit tersebut juga kembali berganti nama hingga pada akhirnya dikenal sebagai Korps Marinir sampai sekarang. Dalam sejarahnya, Korps Marinir telah dipimpin oleh banyak Komandan yang berbeda. Beberapa di antaranya bahkan menduduki posisi tersebut dalam usia yang terbilang muda.

Baca juga : Profil Dankormar Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto, Pemimpin Pasukan Elite TNI AL

Berikut lima Komandan Korps Marinir termuda sepanjang sejarah TNI AL.

1. Letjen TNI Mar (Purn) Kahpi Suriadiredja

Letjen TNI Mar (Purn) Kahpi Suriadiredja menjabat sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) pada periode 1977 hingga 1983. Serdadu kelahiran Bandung, 14 Juni 1931 ini juga pernah menyemat posisi seperti Pangkogabwilhan IV/Maluku-Irian Jaya (1983-1985).

Dalam riwayatnya, Kahpi Suriadiredja menjadi salah satu Dankormar termuda dalam sejarah. Mengacu pada tahun kelahirannya di 1931, dia menduduki jabatan tersebut pada usia kurang lebih 46 tahun.

2. Letjen KKO (Purn) Moekijat

Letnan Jenderal KKO (Purn) Moekijat lahir di Madiun, Jawa Timur pada 15 Desember 1927. Dalam riwayatnya di militer, dia diketahui pernah menjabat Panglima KKO-AL (sekarang Korps Marinir).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)