Ini Alasan Johnny G Plate Tak Hadiri Panggilan Pemeriksaan Kejagung

Kamis, 09 Februari 2023 - 10:31 WIB
loading...
Ini Alasan Johnny G Plate Tak Hadiri Panggilan Pemeriksaan Kejagung
Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana menjelaskan, alasan Menkominfo Johnny G Plate tidak bisa menghadiri pemeriksaan penyidik Kejagung. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate tidak hadir memenuhi panggilan pemeriksaan Kejaksaan Agung (Kejagung) pada hari ini.

Sedianya, Johnny G Plate dimintai keterangan terkait dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) 2020-2022.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan pihaknya telah mendapatkan surat pemberitahuan dari Kemenkominfo terkait ketidakhadiran Johnny G Plate.



"Saya berkoordinasi dengan tim Jampidsus dan mendapatkan surat yang dikirim oleh Sekretaris Jenderal Kemenkominfo terkait dengan ketidakhadiran daripada saksi JGP untuk diperiksa pada hari ini," ujarnya, Kamis (9/2/2023).

Menurut Ketut, alasan Johnny tidak menghadiri panggilan Kejagung dikarenakan tengah mengikuti acara Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara (Sumut) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).



"Adapun alasan yang disampaikan oleh beliau yaitu pada hari ini beliau dampingi Bapak Presiden RI dalam acara Puncak Hari Pers Nasional di Medan. Kedua mewakili pemerintah dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI yang diagendakan penjelasan pemerintah terhadap rancangan undang-undang tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dijadwalkan hari Senin, 13 Februari 202 3 pukul 13.00," katanya.

Meski demikian, Johnny memastikan kehadirannya ke Kejagung pada Selasa, 14 Februari. "Artinya beliau juga menyampaikan bahwa akan hadir dan sanggup hadir pada Selasa 14 Februari 2023," pungkasnya.

Diketahui, Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menkominfo Johnny G Plate terkait dugaan korupsi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo pada hari ini Kamis 9 Februari 2023.

Menanggapi panggilan itu, Johnny G Plate memastikan akan memenuhi panggilan dari penyidik Korps Adhyaksa. “Jika dibutuhkan keterangan maka akan hadir pada jadwal yang sesuai," ujarnya, Rabu, 8 Februari 2023.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)