BPPT Siap Produksi 10 Mobile Lab, Mampu Periksa 300 Spesimen Per Hari

Rabu, 15 Juli 2020 - 15:12 WIB
loading...
BPPT Siap Produksi 10 Mobile Lab, Mampu Periksa 300 Spesimen Per Hari
Kepala BPPT, Hammam Riza mengatakan, saat ini pihaknya siap memproduksi 10 Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2). FOTO/DOK.BPPT
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) , Hammam Riza mengatakan, saat ini pihaknya siap memproduksi 10 Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL 2). Dengan kapasitas pengujian untuk mendeteksi COVID-19 sebanyak 300 spesimen per hari.

Hammam mengatakan, pembangunan Mobile Lab BSL 2 ini melibatkan berbagai stakeholder, terutama BPPT bersama dengan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi COVID-19 itu di bawah konsorsium riset inovasi COVID-19.

"Maret yang lalu saat merebaknya COVID-19 ya, BPPT bersama dengan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi COVID-19 itu di bawah konsorsium riset inovasi COVID-19 itu mengajak seluruh stakeholder, kita sebut pemangku kepentingan, dalam kita menghasilkan inovasi produk yang dapat diproduksi oleh industri dalam negeri," kata Hammam di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (15/7/2020).( )

Mobile Lab BSL 2 ini, kata Hammam, juga sebagai upaya untuk membantu fasilitas kesehatan dalam rangka memeriksa spesimen untuk menemukan kasus COVID-19. "Kita melengkapi Fasilitas Kesehatan, khususnya dengan Laboratorium Bio Safety Level 2 sebagai alat kesehatan yang diperlukan untuk memeriksa sampel swab test tersebut ya. Tentu saja pada saat-saat awal COVID-19 itu sangat kurang ya laboratorium ini," katanya.

Saat ini, kata Hammam, telah diproduksi sebanyak 3 Mobile Lab BSL 2. Dan siap diproduksi lagi sebanyak 10 Mobile Lab BSL 2 untuk disebarkan oleh Gugus Tugas ke seluruh Nusantara dalam rangka mencari kasus positif COVID-19.

"Kita membangun yang namanya Mobile Laboratory BSL 2 dalam sebuah kontainer. Saat ini sedang dalam produksi 3. Kita siap memproduksi lagi ada 10 yang kita harapkan nanti dari Gugus Tugas untuk kita deploy ke penjuru Nusantara," kata Hammam.( )

Mobile Lab BSL 2 saat ini mampu memeriksa sebanyak 300 spesimen per hari. "Kita kalau di laboratorium BSL 2 yang mobile itu bisa memeriksa sampai 120 spesimen dalam waktu 12 jam. Sehari mungkin sekitar 300 spesimen yang bisa diperiksa," kata Hammam.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)