Keberadaan Pilot Susi Air Belum Diketahui, Polri Siapkan Operasi Pencarian

Rabu, 08 Februari 2023 - 21:34 WIB
loading...
Keberadaan Pilot Susi Air Belum Diketahui, Polri Siapkan Operasi Pencarian
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan, personel gabungan TNI-Polri telah menyiapkan operasi pencarian Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan, personel gabungan TNI-Polri telah menyiapkan operasi pencarian dan penyelamatan Pilot Susi Air , Philip Mark Mehrtens. Sementara ini keberadaan Philip Mark Mehrtens belum diketahui setelah pembakaran pesawat oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Kapolri mengungkapkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan otoritas Negara Selandia Baru terkait rencana operasi penyelamatan Philip Mark Mehrtens, yang merupakan warga negara New Zealand itu.

"Kita sudah bicara dengan beberapa khususnya New Zealand sendiri, bahwa serahkan kepada kita dan kita akan ambil langkah-langkah penyelamatan Pilot dari Susi Air yang saat ini sedang dalam pencarian," kata Kapolri usai Rapim TNI-Polri di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

Untuk saat ini Kapolri menekankan bahwa, seluruh penumpang Pesawat Susi Air maupun 15 pekerja telah berhasil dievakuasi oleh aparat gabungan TNI-Polri.

"Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan, sudah dievakuasi. (15 pekerja) sudah berhasil dievakuasi," ujarnya.

Lebih dalam Kapolri menjelaskan, Pemerintah Indonesia saat ini terus konsentrasi untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua. Diantaranya dengan program pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB). Hal itu dilakukan untuk meratakan pembangunan di seluruh Indonesia, termasuk Papua.

"Ya seharusnya dengan pengembangan daerah operasi daerah otonomi baru, pengembangan wilayah kesejahteraan, tentunya kita harapkan jumlah KKB juga berkurang, masalahnya apalagi kan. karena kan Papua memang mau disejahterakan, dan Pemerintah fokus," ucap Kapolri.

Meski begitu Kapolri memastikan, TNI-Polri tidak akan segan melakukan tindakan tegas terhadap kelompok-kelompok yang mengganggu upaya pembangunan Pemerintah di Papua, dengan tetap mengedepankan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Tentunya norma-norma terkait HAM tetap kita perhatikan. Tapi terhadap kelompok yang terus melakukan gangguan keamanan tentunya TNI-Polri sepakat bahwa kita akan melakukan penegakkan hukum secara tegas," tutur Kapolri.

Oleh karenanya dia menyatakan, TNI-Polri akan melakukan penebalan kekuatan pasukan guna memastikan program Pemerintah berjalan aman, lancar dan damai serta mewujudkan rasa nyaman terhadap masyarakat.

"Sebagai contoh tentunya penebalan di wilayah-wilayah rawan, daerah merah tentunya menjadi atensi kita. Sehingga jumlah KKB, serangan KKB, kita harapkan bisa kita kurangi khususnya munculnya korban di masyarakat," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1537 seconds (0.1#10.140)