14 Jenderal TNI AD Bintang 1 yang Dimutasi pada Akhir Januari 2023, Salah Satunya Jabat Danpaspampres

Rabu, 08 Februari 2023 - 16:21 WIB
loading...
14 Jenderal TNI AD Bintang 1 yang Dimutasi pada Akhir Januari 2023, Salah Satunya Jabat Danpaspampres
Terdapat sejumlah Jenderal TNI AD bintang 1 yang masuk daftar mutasi akhir Januari 2023 lalu. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah Jenderal TNI AD bintang 1 yang masuk daftar mutasi akhir Januari 2023 lalu. Salah satunya mendapat jabatan baru menjadi Komandan Paspampres .

Mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI kembali dilakukan oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Mengutip keterangan dari laman TNI, ketentuan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tanggal 31 Januari 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Melihat daftar lengkapnya, tercatat ada sekitar 84 perwira tinggi (pati) dari ketiga matra. Adapun 25 di antaranya adalah berasal dari Angkatan Darat (AD), termasuk yang menyandang pangkat bintang satu.

Baca juga : Mutasi TNI, Marsda Wahyu Hidayat Jadi Dankopasgat

Berikut 14 Jenderal TNI AD bintang 1 yang dimutasi pada akhir Januari 2023.

1. Brigjen TNI Rafael Granada Baay

Brigjen TNI Rafael Granada Baay menjadi salah satu nama yang terdaftar dalam mutasi terbaru Panglima TNI pada akhir Januari 2023 lalu. Jabatan baru yang kini ditempatinya adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Lahir di Tidore, Maluku pada 25 Juni 1971, Rafael diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993. Sebelum menduduki posisi Danpaspampres, sejumlah jabatan strategis lain juga pernah ditempatinya.

Di antaranya adalah Danrem 074/Warastratama (2019), Aspotwil Kaskogabwilhan I (2019-2021), hingga Dir H Bais TNI (2021-2023).

2. Brigjen TNI Nur Budi Asmara

Brigadir Jenderal TNI Nur Budi Asmara merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Jenderal bintang satu ini sebelumnya menduduki jabatan Dirum Akademi TNI.

Pada keputusan mutasi terbaru pada akhir Januari lalu, Nur Budi Asmara akan beralih tugas sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

3. Brigjen TNI Dedy Jusnar Hendrawan

Brigadir Jenderal TNI Dedy Jusnar Hendrawan dimutasi menjadi Direktur Operasi Pendidikan Debiddikpimkatnas Lemhannas. Jabatan tersebut didapat pasca menggantikan Laksma TNI Jalasena Satriyawirya yang beralih tugas menjadi Tenaga Ahli Pengajar Bid. Kependudukan Lemhannas.

4. Brigjen TNI Sasongko Hardono

Berikutnya ada nama Brigjen TNI Sasongko Hardono. Jenderal bintang 1 ini beralih tugas dari Wakapusku TNI menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sebelumnya, Brigjen TNI Sasongko Hardono pernah menjabat Sekretaris Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat (Ses Itjenad) pada periode 2021 hingga 2022.

5. Brigjen TNI Herdiyana Prahbudi

Brigjen TNI Herdiyana Prabhudi dimutasi dari posisi Irren Irben Itjenad menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Baca juga : Mutasi TNI, Brigjen Rafael Granada Baay Jabat Danpaspampres

6. Brigjen TNI Bahram

Brigadir Jenderal TNI Bahram sebelumnya menjabat sebagai Inspektur Divisi Infanteri (Irdivif) 2/Kostrad. Pada mutasi terbaru, dia beralih tugas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purnatugas.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1990 ini sebelumnya juga pernah menduduki jabatan strategis lainnya. Sebut saja seperti Aster Kaskostrad, Danrem 063/Sunan Gunung Jati, hingga Irdam XVI/Hasanuddin periode 2017-2020.

7. Brigjen TNI Pranito Dwinarwan

Brigjen TNI Pranito Dwinarwan merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Dia baru saja ditunjuk menjadi Kapoksahli Pangdam IX/Udayana pada mutasi terbaru.

Sebelumnya, Pranito juga pernah menduduki jabatan seperti Dirdiklat Pusterad, Stah Ahli Pangdam IX/Udayana Bidang Ekonomi, dan lain sebagainya.

8. Brigjen TNI Tjatur Winarsanto

Berikutnya ada nama Brigadir Jenderal TNI Tjatur Winarsanto. Jenderal bintang satu ini dimutasi dari jabatan Dirum Puskesad menjadi Pati Mabes TNI dalam rangka purnatugas.

9. Brigjen TNI Udiyanto

Brigjen TNI Udiyanto menjadi salah satu nama yang masuk daftar mutasi berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tanggal 31 Januari 2023.

Setelah sempat menjabat Danpusdikma Kodiklat TNI, dia beralih tugas menjadi Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang Ekku.

10. Brigjen TNI Hardian Achmadi

Jenderal TNI bintang 1 ini sebelumnya menempati jabatan Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana. Pada mutasi terbaru, Brigjen Hardian Achmadi akan beralih tugas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purnatugas.

11. Brigjen TNI Ardi Kartono

Brigjen TNI Ardi Kartono menjadi salah satu perwira tinggi (pati) TNI AD yang masuk daftar mutasi terbaru Panglima TNI. Sebelumnya, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 ini menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang Ekku.

Berdasarkan mutasi tanggal 31 Januari 2023, dia akan beralih tugas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

12. Brigjen TNI F.F Fransis Wewengkang

Berikutnya ada Brigadir Jenderal TNI Ferdy Fronas Fransis Wewengkang. Sebelumnya, dia menjabat Widyaiswara Bidang Wilhan Seskoad. .

Pada mutasi terbaru akhir Januari 2023 lalu, Brigjen TNI Fransis Wewengkang beralih menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Selain kedua jabatan tersebut, alumnus Akmil 1987 ini juga pernah menduduki posisi Dirajenad (2018), Pa Sahli Tk. II Kasad Bidang LH (2021), hingga Kapok Sahli Pangdam Jayakarta (2022).

13. Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji

Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji sebelumnya menjabat Danpusdikarmed Pussenarmed. Pada mutasi yang dilakukan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di akhir Januari 2023 lalu, dia akan beralih tugas menjadi Irren Irben Itjenad.

14. Brigjen TNI Andi Kaharuddin

Brigadir Jenderal TNI Andi Kaharuddin adalah lulusan Akmil tahun 1988. Dia dimutasi dari jabatan Inspektur Basarnas menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka purnatugas.

Sejumlah jabatan strategis lain yang pernah diduduki di antaranya adalah Kasubdispensat Dispenad (2013-2020) dan Kapok Sahli Pangdam XIV/Hasanuddin (2020-2022).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)