Gerimis Tak Surutkan Ribuan Nahdliyin Datangi Lokasi Puncak 1 Abad NU di GOR Sidoarjo

Senin, 06 Februari 2023 - 21:59 WIB
loading...
Gerimis Tak Surutkan Ribuan Nahdliyin Datangi Lokasi Puncak 1 Abad NU di GOR Sidoarjo
Kendaraan yang mengangkut warga NU atau nahdliyin memadati jalan-jalan menuju lokasi resepsi puncak peringatan 1 Abad NU, kawasan GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (6/2/2023). FOTO/MPI/ABDUL HAKIM
A A A
JAKARTA - Jelang Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU , kawasan GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (6/2/2023) sore, dilanda hujan cukup deras. Bahkan hingga pukul 21.00 WIB, gerimis tak henti turun. Sejumlah jalan menuju kawasan GOR pun sempat tergenang.

Namun hawa dingin dan gerimis itu tak menyurutkan ribuan warga nahdliyin mendekat ke kawasan GOR. Dari pantauan MNC Portal Indonesia, jalan-jalan menuju GOR seperti Jalan Kahuripan, Jalan Ponti Raya, dan Jalan Pahlawan mulai tampak macet.

Di sepanjang jalan itu, tampak warga nahdliyin dari berbagai daerah di Indonesia yang sudah mulai berdatangan berupaya mendekat ke GOR. Mereka umumnya berjalan kaki secara berombongan. Sementara bus-bus yang membawa mereka telah diparkir di lokasi yang berjarak 3 hingga 4 kilometer dari GOR.



Untuk mengatur pergerakan jamaah, ratusan polisi dibantu Banser juga berjaga-jaga di sekitar GOR. Mereka menyeleksi kendaraan yang akan masuk ke kawasan GOR. Sebagian yang lain mengatur lalu lintas dan mengarahkan para jamaah.

Sementara para jamaah terlihat tetap antusias dan senang. Gerimis tipis yang masih turun sama sekali tak membuat mereka khawatir. "Ini sejarah, kita senang saja karena sudah diniati mencari berkah di sini," ujar Taufiq, jamaah asal Demak, Jawa Tengah.

Rangkaian Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU akan berlangsung selama 24 jam dimulai tengah malam ini pukul 00.01 WIB. Acara dimulai dengan Lailatul Qiraah oleh KH Mutawakkil Alallah yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Baca juga: Tiba di Sidoarjo, Presiden Jokowi Akan Hadiri Puncak Satu Abad NU Besok

Setelah Lailatul Qiraah, acara dilanjutkan dengan ritual Manaqib Syech Abdul Qodir Jaelani oleh Syeikh Muhammad Fahdil Al Jilani. Kemudian Salat Qiyamul Lail yang dipimpin Ahmad Azaim Ibrahimy dan Al Habib Lutfi bin Ahmad Al Attas. Acara dilanjutkan dengan ijazah kubro oleh Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Puncak resepsi dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB. Acara puncak akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), ratusan ulama dari dalam maupun luar negeri dan sejumlah tamu undangan.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)