Profil Mayjen TNI Tri Martono, Jenderal Bintang 2 Staf Khusus KSAD yang Dimutasi

Senin, 06 Februari 2023 - 17:01 WIB
loading...
Profil Mayjen TNI Tri Martono, Jenderal Bintang 2 Staf Khusus KSAD yang Dimutasi
Mayor Jenderal TNI Tri Martono merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Mayor Jenderal TNI Tri Martono merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat (AD). Beberapa waktu yang lalu, namanya masuk dalam daftar mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI yang dilakukan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, tanggal 31 Januari 2023, terdapat sekitar 84 perwira tinggi (pati) yang masuk daftar.

Adapun 84 perwira tinggi (pati) tersebut terdiri atas 25 Pati TNI AD, 43 Pati TNI AL, serta 16 Pati TNI AU. Dari sekian banyak nama, salah satu yang masuk di antaranya adalah Mayjen TNI Tri Martono.

Baca juga : 8 Jenderal TNI yang Dimutasi Menjadi Staf Khusus KSAD Dudung

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Mayjen TNI Tri Martono ini?

Mayor Jenderal Tri Martono merupakan perwira tinggi (pati) TNI AD. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 1 Maret 1965 ini diketahui sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988 dari kecabangan Infanteri.

Melihat dari pangkatnya, Mayor Jenderal atau Mayjen masuk dalam golongan perwira tinggi. Letaknya sendiri adalah satu tingkat di bawah Letnan Jenderal dan satu tingkat di atas Brigadir Jenderal.

Dengan simbol bintang dua, pangkat Mayor Jenderal TNI ini setara dengan Laksamana Muda di TNI AL (selain Korps Marinir) dan Marsekal Muda di TNI AU.

Pada riwayatnya, Mayjen TNI Tri Murtono sebelumnya diketahui tengah menjabat sebagai staf khusus KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Pasca keluarnya mutasi di atas, dia akan beralih tugas sebagai Pati Mabes TNI dalam rangka pensiun.

Baca juga : 3 Fakta Mayjen TNI Andrey Satwika Yogaswara, Jenderal Bintang 2 yang Menjabat Staf Khusus KSAD

Selain staf khusus KSAD, perwira tinggi kelahiran Banyumas, Jawa Tengah ini juga pernah menduduki sejumlah posisi strategis lainnya.

Di antaranya adalah Asrena Kasdam XII/Tanjungpura (2010-2013), Direktur Pengkajian dan Pengembangan Kodiklat TNI (2018), Direktur Latihan Kodiklat TNI (2018-2020), hingga Wakil Komandan Sesko TNI (2020-2021).

Selain itu, Tri juga pernah menjabat Pa Sahli Tk.III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI (2021), Staf Khusus Panglima TNI (2021), serta Pa Sahli Tk. Bid. Komsos Panglima TNI (2021-2022).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)