Isu Myanmar Akan Dibahas dalam Pertemuan Para Menlu ASEAN di Jakarta

Jum'at, 03 Februari 2023 - 15:22 WIB
loading...
Isu Myanmar Akan Dibahas dalam Pertemuan Para Menlu ASEAN di Jakarta
Menlu Retno Marsudi saat menerima para Menlu di negara ASEAN. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini dan besok Sabtu (4/2/2023) para Menlu ASEAN akan melakukan serangkaian pertemuan The ASEAN Foreign Ministers' (AMM) Retreat di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Pertemuan itu juga turut membahas isu Myanmar.

"Yaitu working lunch yang akan membahas mengenai masalah Myanmar. Kemudian diikuti dengan ASEAN coordinating council dan besok kita akan melakukan pertemuan retreat (The ASEAN Foreign Ministers' (AMM) Retreat)," ucap Menlu Retno di Istana Merdeka, Jakarta pada hari ini, Jumat (3/2/2023).

Menlu Retno mengatakan, rangkaian pertemuan para menteri luar negeri ASEAN ini merupakan pertemuan besar pertama yang dilakukan di bawah keketuaan Indonesia.

"Di dalam pertemuan tadi, Bapak Presiden menekankan dua hal. Yang pertama adalah ASEAN tidak boleh menjadi proxy siapa pun. Di sini Bapak Presiden menekankan pentingnya sentralitas dan kesatuan ASEAN yang perlu terus dijaga. Karena ini adalah modal utama ASEAN," kata Retno.

"Kemudian Bapak Presiden menekankan pentingnya penghormatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi hukum internasional hak asasi manusia sesuai dengan apa yang ada di dalam piagam ASEAN," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Terima Kunjungan Para Menlu ASEAN, Ini yang Dibahas

Presiden, lanjut Menlu Retno, juga menekankan five point of consensus akan tetap menjadi mekanisme utama ASEAN di dalam menjembatani isu atau perkembangan di Myanmar.

"Yang kedua Bapak Presiden menekankan bahwa ASEAN harus menjadi epicentrum of growth atau pertumbuhan ekonomi di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia saat ini. Namun Bapak Presiden kembali lagi mengingatkan bahwa kita dapat menjadikan ASEAN sebagai epicentrum of growth kalau kita mampu menjaga stabilitas perdamaian di kawasan," kata Retno.

Ucapan Jokowi itu, kata Retno, sangat diapresiasi oleh semua menteri luar negeri ASEAN. Selain itu, kata Retno, beberapa menteri luar negeri ASEAN menyampaikan beberapa hal khususnya dalam memberi dukungan untuk keketuaan Indonesia.

"Semua intinya adalah kesiapan negara anggota ASEAN untuk mendukung keketuaan Indonesia," kata Retno.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)