7 Anggota PPLN Melbourne 2024 Terpilih, Salah Satunya Putra Pandeglang

Kamis, 02 Februari 2023 - 22:00 WIB
loading...
7 Anggota PPLN Melbourne 2024 Terpilih, Salah Satunya Putra Pandeglang
Seorang putra Pandeglang yang menetap di Melbourne, Australia, Abbadi Said Thalib terpilih menjadi salah satu anggota Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) 2024. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melbourne telah melakukan seleksi anggota Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) 2024 yang mencakup wilayah negara bagian Victoria dan Tasmania. Hasil seleksi disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai rekomendasi.

Nantinya, hasil seleksi itu akan ditindaklanjuti oleh KPU dengan diberikannya surat keputusan (SK) pengangkatan secara resmi sebagai anggota KPU di luar negeri. Ada 20 calon anggota yang dinyatakan cakap secara administrasi yang menjalani tahapan wawancara yang terdiri dari para diaspora Indonesia dengan latar belakang pengalaman organisasi yang luas dan kecakapan akademis yang tinggi.

Setelah melalui tahapan wawancara yang kompetitif, terpilih 7 anggota panitia yang akan mengemban amanah negara. Salah satunya adalah seorang putra Pandeglang yang menetap di Melbourne, Australia, Abbadi Said Thalib.

Dia terpilih sebagai anggota PPLN di Melbourne karena dinilai berdedikasi dan punya pengalaman yang luas dalam bidang organisasi selama 16 tahun. "Saya sangat bangga bisa terpilih sebagai anggota PPLN Melbourne dan mewakili Pandeglang, Banten. Ini adalah kesempatan yang baik untuk membantu memastikan bahwa warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dapat memberikan hak suaranya pada pemilu mendatang," ujar Abbadi, Kamis (2/2/2023).

Menurut Kementerian Luar Negeri, ada lebih dari 200.000 warga negara Indonesia yang tinggal di Australia, dan ada 13.000 WNI yang mempunyai hak pilih di wilayah Victoria dan Tasmania. Maka itu, peran PPLN sangat penting untuk memastikan bahwa semua warga Indonesia yang berhak memilih dapat menjalankan haknya dengan mudah dan lancar.

Pembentukan PPLN juga menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa warga negaranya yang tinggal di luar negeri memiliki akses yang sama untuk memberikan suaranya pada pemilu. "Kami berharap bahwa melalui pelantikan ini, kami dapat memastikan bahwa semua warga Indonesia yang tinggal di luar negeri memiliki akses yang sama untuk berpartisipasi dalam pemilu dan memilih pemimpin mereka," ujar pejabat Kementerian Luar Negeri.

Dengan adanya pemilihan anggota PPLN, diharapkan dapat memastikan bahwa pemilu di Melbourne sapat berlangsung dengan lancar, jujur dan adil. Abbadi Said Thalib dan anggota lainnya akan bekerja keras untuk memastikan bahwa semua warga Indonesia yang tinggal di luar negeri dapat memberikan suaranya dengan mudah dan lancar pada Pemilu 2024.

Sesuai Rencana bahwa pelantikan PPLN Melbourne 2024 secara resmi akan dilaksanakan Kamis (2/2/2023) di Kantor Konsulat Jenderal RI wilayah Victoria dan Tasmania di 72 Queens Road, Melbourne.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)