Jokowi Terbang ke Bali, Tak Ada Reshuffle Kabinet di Rabu Pon?

Rabu, 01 Februari 2023 - 15:12 WIB
loading...
Jokowi Terbang ke Bali, Tak Ada Reshuffle Kabinet di Rabu Pon?
Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Bali untuk melakukan kunjungan kerja di tengah isu reshuffle kabinet pada Rabu Pon. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) terbang ke Bali untuk melakukan kunjungan kerja di tengah isu reshuffle kabinet pada Rabu Pon. Isu perombakan menteri santer terdengar setelah Jokowi memanggil sejumlah ketua umum partai politik dan tokoh politik lain ke Istana Kepresidenan dalam beberapa waktu terakhir.

"Sudah (berangkat ke Bali)," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin kepada wartawan, Rabu (1/2/2023).

Isu reshuffle kabinet pada Rabu Pon sebelumnya digulirkan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PPP Arsul Sani. Menurutnya,Presiden Jokowi biasa melakukan reshuffle kabinet pada Rabu Pon atau Rabu Pahing. Pada Januari 2023 Rabu Pahing sudah terlewat, dan baru akan ada Rabu Pon pada 1 Februari 2023.

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Rabu Pon, Begini Suasana di Istana Hari Ini

"Bulan Januari Rabu pahing sudah lewat, biasanya reshuffle itu kalau tidak Rabu Pahing, Rabu Pon. Rabu Pon nanti kalau kita lihat penanggalan baru ada di tanggal 1 Februari kalau tidak salah," kata Arsul kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Namun tanda-tanda reshuffle kabinet pada Rabu Pon alias hari ini memang tidak terlihat. Pagi tadi, Presiden Jokowi menghadiri Mandiri Investment Forum. Saat ditanyai reshuffle kabinet pada hari ini, Jokowi menegaskan para Rabu, 1 Februari 2023 merupakan hari Rabu Pon.

"Masak saya ulang lagi. Yang jelas hari ini adalah Rabu Pon," kata Jokowi usai menghadiri Mandiri Investment Forum 2023 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (1/2/2023).

Baca juga: Ditanya Reshuffle Kabinet, Presiden Jokowi Tegaskan Hari Ini Rabu Pon

Pantauan langsung di Istana, juga terlihat sepi, tidak seperti hari-hari sebelumnya. Namun pada Selasa (31/1/2023) kemarin, beberapa menteri hadir mengikuti rapat terbatas. Mereka adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo, Direkur Utama PT PLN Persero Darmawan Prasodjo.

Dua menteri dari Partai Nasdem dikabarkan tidak hadir yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)