Gus Yahya Siapkan Sejumlah Agenda Memasuki 1 Abad NU

Rabu, 01 Februari 2023 - 05:11 WIB
loading...
Gus Yahya Siapkan Sejumlah Agenda Memasuki 1 Abad NU
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menjelaskan NU sedang menyiapkan sejumlah agenda pokok memasuki usianya yang sudah satu abad. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Menyambut perayaan 100 tahun atau satu abad Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Besar NU (PBNU) memberikan apresiasi kepada institusi dan individu yang dinilai telah berkontribusi dalam membangun peradaban umat Islam. Saat ini PBNU sedang menyiapkan rangkaian kegiatan yang menjadi agenda ke depan.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menekankan agenda pokok tersebut bukan hanya capaian selama satu abad NU, tetapi juga menjadi pokok-pokok agenda ke depan organisasinya.

"Ini semua menggambarkan bukan hanya capaian yang telah kita miliki selama satu abad. Tetapi juga pokok agenda yang kita laksanakan ke depan," jelas Gus Yahya dalam sambutannya, Rabu (1/2/2023).



Dari sejumlah agenda yang disampaikan, Gus Yahya menyebutkan NU hendak membangkitkan gerakan perempuan khususnya ulama perempuan atau disebut NU Women.

"Kita ingin menginisiasi suatu model strategi untuk membangkitkan kembali gerakan perempuan NU sebagai ulama," ujarnya.

Selain NU Women, Gus Yahya menyebutkan NU Tech sebagai gerakan yang memanfaatkan teknologi guna secara strategis mewujudkan kemaslahatan masa depan. "Ini adalah suatu tuntutan yang tidak bisa kami hindari," jelas Gus Yahya.

Dia mengungkapkan, NU hendak menggelar kegiatan pekan olahraga dan seni. Baginya, kegiatan tersebut bukan ditujukan untuk kompetisi atau mencari bakat dari kader-kader NU.



"Tapi yang paling penting adalah menciptakan suatu wadah yang bisa kita jadikan untuk konsolidasi dari sekian banyak lembaga pendidikan yang kita miliki. Kita punya lebih dari 26 ribu madrasah dan sekolah, lebih dari 30 ribu pesantren dan ratusan perguruan tinggi," katanya.

"Pekan Olahraga Nasional ini akan menjadi wahana untuk menyambungkan lembaga-lembaga tersebut satu sama lain agar dikonsolidasikan menjadi strategi pengembangan di masa depan," lanjut Gus Yahya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)