PBNU Warning PKB Tak Manfaatkan Mars 1 Abad NU untuk Kepentingan Politik

Senin, 30 Januari 2023 - 18:46 WIB
loading...
PBNU Warning PKB Tak Manfaatkan Mars 1 Abad NU untuk Kepentingan Politik
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ishfah Abidal Aziz (Gus Alex) menyesalkan penggunaan mars 1 Abad NU untuk kepentingan PKB. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ishfah Abidal Aziz (Gus Alex) menyesalkan penggunaan mars 1 Abad NU untuk kepentingan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) .

Sebelumnya beredar video “Sarasehan Satu Abad NU” yang digelar PKB dengan menggunakan latar Backsound Mars 1 Abad NU karya KH Mustofa Bisri. Video ini lantas diunggah di akun resmi PKB dan menuai banyak sorotan.

“Bagi kami, mars ini sangat sakral jadi jangan digunakan untuk kepentingan politik PKB,” ujar Gus Alex dalam keterangannya, Senin (30/1/2023).

Mars 1 Abad NU merupakan buah karya dan hasil perenungan KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dengan aransemen musik Tohpati. Sehingga harus dijaga kesakralannya dan hanya bisa digunakan untuk kepentingan NU.

Menurut Alex, PKB tidak pantas menggunakan Mars 1 Abad NU untuk kepentingan politik praktis mereka. “PKB jangan menjadi penumpang gelap peringatan 1 Abad NU. Tidak boleh ada satu partai pun yang boleh memanfaatkan NU,” tegas Alex.

Menurutnya, siapa pun boleh memperingati 1 Abad NU, namun jangan sampai menggunakan atribut milik NU tanpa seizin dan sepengetahuan PBNU. Apalagi, kata dia, penggunaan atribut 1 Abad NU digunakan untuk kepentingan politik praktis.

Alex juga menyampaikan bahwa pesan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf sangat jelas bahwa PBNU menjaga jarak dengan seluruh kekuatan partai politik. Dimana tidak boleh ada satu partaipun yang menggunakan NU untuk kepentingan politik praktis.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)