Hari Persaudaraan Manusia Internasional, TGB: Bangun Dunia yang Baik dengan Kerja Sama

Senin, 30 Januari 2023 - 14:24 WIB
loading...
Hari Persaudaraan Manusia Internasional, TGB: Bangun Dunia yang Baik dengan Kerja Sama
Anggota Komite Eksekutif MHM TGB M Zainul Majdi mengatakan pihaknya menggelar serangkaian seminar di perguruan tinggi dalam rangka memperingati Hari Persaudaraan Manusia Internasional. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin (MHM) TGB M Zainul Majdi mengatakan pihaknya menggelar serangkaian seminar di perguruan tinggi dalam rangka memperingati Hari Persaudaraan Manusia Internasional.

Hal tersebut dilakukan sebagai ikhtiar mengkampanyekan nilai-nilai piagam persaudaraan, serta terus menghidupkan nilai tersebut yang telah digaungkan oleh tokoh agama dunia terdahulu.

“Semangat persaudaraan manusia yang digaungkan dua tokoh agama dunia, Grand Syekh Ahmed Al-Tayeb dan Paus Fransiskus perlu terus dihidupkan. Salah satu ikhtiar kami adalah mengkampanyekan nilai-nilai Piagam Persaudaraan itu melalui serangkaian seminar di sejumlah kampus,” ujar TGB M Zainul Majdi di Jakarta, Senin (30/1/2023).

TGB menjelaskan rangkaian seminar akan digelar di Universitas Hindu Negeri (UHN) Bali pada 30 Januari 2023 dan Universitas Islam Negeri (UIN) Surakarta pada 2 Februari 2023. Sebelumnya, giat yang sama juga digelar oleh Universitas Atma Jaya Jakarta pada 25 Januari 2023 dan TGB hadir sebagai pembicara. Seminar sejenis akan digelar juga di Gedung DPR Senayan atas prakarsa Prof Dr Din Syamsuddin.

Sejumlah narasumber dihadirkan dalam rangkaian seminar ini, antara lain Lukman Hakim Saifuddin (Menag 2014-2019), Romo Agustinus Heri Wibowo (Katolik), Rektor UHN Denpasar, Rektor UIN Surakarta, tokoh agama dan akademisi di Bali dan Surakarta. Untuk kegiatan di Atma Jaya, hadir TGB M Zainul Majdi, Kardinal Ignatius Suharyo (KWI), Pendeta Gumar Gultom (PGI), Bhante Dhammasubho, KH Ulil Absor Abdalla (PBNU), dan Abd Rohim Ghazali (Maarif Institute).

MHM juga akan bekerja sama dengan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama dalam rangka menyiapkan Naskah Khutbah Jumat bertema Persaudaraan Manusia khususnya pada 3 Februari 2023. Naskah ini dibagikan ke sejumlah masjid dan juga masyarakat agar bisa menjadi bahan bacaan.

“Insya Allah, khutbah Jumat di Masjid Istiqlal pada 3 Februari juga akan mengangkat tema persaudaraan manusia,” kata TGB.

Semua rangkaian ini, kata TGB, digelar dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Piagam Persaudaraan Manusia yang juga dikenal dengan Dokumen Abu Dhabi.

“Dokumen Abu Dhabi adalah pernyataan yang tegas bahwa kita harus beranjak dari toleransi menuju kerja sama,” ucapnya.

Dokumen Abu Dhabi yang menginspirasi ditetapkannya Hari Persaudaraan Manusia Internasional ini lahir dari sebuah keresahan atas fakta orang hanya ramai bicara toleransi dengan beragam klaimnya. Mereka saling membanggakan khazanah tentang toleransi, dan tidak jarang menganggap dirinya yang paling toleran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2929 seconds (0.1#10.140)