BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hari Ini Hujan

Senin, 30 Januari 2023 - 02:11 WIB
loading...
BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah Indonesia Hari Ini Hujan
Pengendara sepeda motor menerobos hujan deras di kawasan Jakarta Timur, Rabu (7/9/2022) siang. Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Sebagian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan pada Senin, 30 Januari 2023 berdasarkan analisis dinamika atmosfer yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ). Karena terdapat beberapa parameter cuaca yang mempengaruhi, di antaranya peningkatan Mosun Asia, (Madden Julian Oscillation (MGO), juga bibit siklon tropis 94S dan 98W.

“Adanya peningkatan aktivitas mosun Asia secara signifikan yang mengakibatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat tengah dan Selatan. Selanjutnya kami memantau MGO sedang aktif di kuadran ketiga atau yang berada di wilayah Samudra Hindia yang berdampak terhadap peningkatan curah hujan khususnya di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah,” kata prakirawan BMKG Syndhy Indah Pratiwi dalam media sosial (medsos) Info BMKG, Minggu (29/1/2023) malam.

“Selain itu juga terpantau gelombang ekuator Rossby yang berpotensi aktif di wilayah Jawa Bali, Nusa Tenggara, dan Papua bagian Selatan,” sambungnya.



Kemudian, dia menjelaskan, terdapat bibit siklon tropis 94S terpantau berada di Samudra Hindia Barat Daya Lampung, sistem ini memiliki kecepatan angin maksimum 25 knot dan tekanan udara minimum 102 milibar, yang bergerak ke arah barat daya atau yang menjauhi wilayah Indonesia. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah bibit siklon tropis.

Dia melanjutkan, juga terdapat bibit siklon tropis 98W terpantau berada di Selat Karimata sebelah barat Kalimantan Barat. Sistem ini memiliki kecepatan angin maksimum 15 knot dan tekanan minimum 108 milibar dengan arah gerak stasioner.

Potensi bibit ini juga tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan cenderung berkurang atau bahkan menghilang. Adapun prakiraan cuaca di 34 kota besar, dia menguraikan, di Pulau Sumatera diprakirakan berawan di Kota Banda Aceh, Padang, dan Palembang.

Kota Pekanbaru, Jambi, dan Pangkalpinang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Kota Bengkulu diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

“Perlu waspadai bagi sobat yang berada di Kota Bandar Lampung pada esok hari diprakirakan hujan dengan intensitas lebat. Dan yang terakhir untuk sobat yang berada di Tanjung Pinang perlu diwaspadai pada esok hari diprakirakan hujan disertai kilat dan petir,” terangnya.

Untuk Jawa, dia menjelaskan, diperkirakan berawan untuk Kota Serang, kemudian Kota Semarang diperkirakan berawan tebal. Sedangkan Kota Jakarta dan Kota Bandung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Kota Jogjakarta dan Surabaya perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir. Selanjutnya untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Kota Denpasar diperkirakan berawan, sedangkan Kota Mataram dan Kota Kupang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Di Kalimantan, BMKG memprediksi hujan dengan intensitas ringan di Kota Palangkaraya dan Tanjung Selor. Kemudian di Kota Banjarmasin, Samarinda, dan Pontianak perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir.

Lalu, Sulawesi secara umum diperkirakan hujan ringan hingga sedang. “Selanjutnya untuk kota-kota besar di pulau Sulawesi pada esok hari secara umum diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang,” ujarnya.

Selanjutnya, di timur Indonesia, dia menambahkan, Kota Ternate, Manokwari, dan Jayapura diprakirakan hujan dengan intensitas ringan dan Kota Ambon perlu diwaspadai hujan disertai kilat dan petir. “Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi sobat semua,” pungkas prakirawan BMKG.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)