4 Pelontar Granat Buatan PT Pindad, Daya Jangkau hingga 350 Meter

Senin, 30 Januari 2023 - 01:33 WIB
loading...
4 Pelontar Granat Buatan PT Pindad, Daya Jangkau hingga 350 Meter
SPG1-V4 Kaliber 40 mm merupakan pelontar granat yang dapat melontarkan granat lontar dengan kaliber 40 mm. Foto/Dok PT Pindad
A A A
JAKARTA - Empat senjata pelontar granat karya anak bangsa atau produksi PT Pindad (Persero) dalam artikel ini menarik untuk diketahui. PT Pindad merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dan produk komersial.

Sejak berdiri pada 1983, berbagai jenis senjata telah diproduksi PT Pindad seperti senjata laras panjang, senjata genggam, dan pistol. Dilansir dari laman resmi Pindad, setiap produksi diutamakan untuk menyuplai kebutuhan peralatan pertahanan dan keamanan nasional serta untuk memenuhi pemesanan dari pihak lain.

Mereka terus meningkatkan kualitas produksi senjata berdasarkan penelitian dan pengembangan dari tenaga-tenaga ahli Pindad bersama dengan pengguna produk untuk menetapkan spesifikasi yang dibutuhkan. Pindad mengaku melakukan proses optimasi dalam setiap produksi untuk memperoleh unjuk kerja dari senjata yang maksimal.





Mereka melakukan pemeriksaan pada setiap proses manufaktur mulai dari penerimaan material hingga proses akhir pembuatan produk. Semua produk sudah diuji dan memenuhi standar internasional salah satunya Mil STD.

Sistem mutu selalu dipelihara dengan menerapkan sistem mutu ISO 9000-2008 yang disertifikasi oleh LRQA. Pindad mengaku senjata produksinya memiliki akurasi yang baik dan ketahanan di medan peperangan sesuai dengan kebutuhan pertahanan dan keamanan.

Beberapa senjata garapan PT Pindad telah berhasil meraih prestasi lomba tembak antar angkatan darat se-Asia Tenggara (AARM) dan lomba tembak Angkatan Darat se-Asia Pasifik (ASAM), serta lomba tembak tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (BISAM).

Nah, apa saja senjata pelontar granat produksi PT Pindad (Persero)?

1. SAR-2 Kaliber 38 mm
SAR-2 merupakan pelontar granat mandiri dengan kaliber 38 mm. Senjata ini didesain untuk meluncurkan gas air mata serta peluru karet untuk pengendalian masa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)