Profil Partai Hanura, dari Sejarah hingga Struktur Organisasi

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:39 WIB
loading...
Profil Partai Hanura, dari Sejarah hingga Struktur Organisasi
Partai Hanura merupakan partai politik yang dibentuk pada tanggal 14 November 2006. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Partai Hanura merupakan partai politik yang dibentuk pada tanggal 14 November 2006. Saat ini, Partai Hanura diketuai oleh Oesman Sapta Odang atau yang akrab disapa OSO.

Dikutip dari laman resminya, Hanura merupakan salah satu partai yang memiliki basis nasional religius. Partai ini dikenal dengan selalu mengedepankan hati nurani dalam setiap tindakan politik yang dilakukan oleh para politisi partainya.

Berdirinya Hanura tentu tak lepas dari gagasan Jenderal TNI (Purn) Wiranto beserta beberapa tokoh nasional seperti Tuti Alawiyah, Yus Usman Sumanegara, TNI (Purn) Fachrul Razi dan tokoh-tokoh pendiri lainnya.

Baca juga : 11 Capaian Partai Golkar dalam Sejarah Pemilu Indonesia

Sebelum memiliki tekad untuk mendirikan Hanura, Wiranto adalah kader dari Partai Golkar. Berangkat dari keinginannya menjadi seorang Presiden Indonesia membuatnya membentuk kendaraan baru untuk maju dalam pilpres tahun 2009.

Pembentukan Hanura pertama kali dilakukan pada pertemuan para tokoh penggagas pada tanggal 13 dan 14 November tahun 2006. Pertemuan tersebut telah menghasilkan delapan kesepakatan.

Dari delapan kesepakatan tersebut berisi tentang kondisi kesejahteraan rakyat Indonesia yang ditindaklanjuti dalam pembentukan partai politik. Partai ini dideklarasikan pada tanggal 21 Desember 2006 yang diberi nama partai Hati Nurani Rakyat atau disingkat menjadi Hanura.

Visi dan Misi Partai Hanura

Visi

Terwujudnya Bangsa Indonesia yang Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1554 seconds (10.101#12.26)