Nasdem Buka Opsi Usung Anies Baswedan di Luar Koalisi Perubahan

Rabu, 25 Januari 2023 - 09:01 WIB
loading...
Nasdem Buka Opsi Usung Anies Baswedan di Luar Koalisi Perubahan
Partai Nasdem telah mengagendakan komunikasi dengan partai lain sebagai respons alotnya komunikasi dengan Demokrat dan PKS terkait pencapresan Anies Baswedan. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada peluang Anies Baswedan diusung parpol atau gabungan parpol di luar Koalisi Perubahan. Wakil Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Ahmad Ali mengungkapkan rencana untuk melakukan pertemuan penjajakan politik di luar Koalisi Perubahan.

“Tunggu saja dalam satu atau dua hari ini akan ada cerita. Ya ada berita. Bisa jadi kita mengambil langkah-langkah lain,” ujar Ahmad Ali, Selasa (24/1/2023) kepada awak media di Jakarta.

Ia menyebutkan Nasdem juga menyiapkan alternatif penjajakan koalisi partai politik lainnya untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024.

Wacana tersebut, kata Ahmad Ali, disampaikan karena hingga saat ini baik Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum juga memberikan dukungan pada Anies Baswedan secara resmi.

“Ketika kemudian ini terhambat dengan persyaratan yang tidak mungkin kita penuhi, tentunya kita harus punya alternatif-alternatif,” jelas Ahmad Ali.

Baca juga: Demokrat Berharap Koalisi Perubahan Deklarasi Capres-Cawapres pada Februari

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa hubungan antara Nasdem, Demokrat, dan PKS hingga saat ini belum terjalin secara resmi dalam deklarasi Koalisi Perubahan.

“Katakan Nasdem, Demokrat, PKS sama-sama sudah menandatangani kesepakatan mengusung Anies calon presiden, itu (baru) namanya koalisi,” ungkap dia.

Apalagi kata Ahmad Ali banyak beredar apabila Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah sosok paling ideal sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Anies Baswedan.

"Padahal, Nasdem tak ingin buru-buru membicarakan figur, dan mau agar penentuan cawapres dilakukan dengan melihat kriteria," tambah Ahmad Ali.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2808 seconds (11.252#12.26)