4 Perwira Tinggi Berkarier Cemerlang Kelahiran Trenggalek, Nomor Terakhir Mantan Danjen Kopassus

Selasa, 24 Januari 2023 - 18:26 WIB
loading...
4 Perwira Tinggi Berkarier Cemerlang Kelahiran Trenggalek, Nomor Terakhir Mantan Danjen Kopassus
Terdapat empat perwira tinggi dalam tubuh TNI yang berasal dari Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat perwira tinggi dalam tubuh TNI yang berasal dari Kabupaten Trenggalek , Jawa Timur. Sepanjang sejarahnya, keempat perwira tersebut telah menjabat di beberapa posisi penting dalam instansi TNI.

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu wilayah yang telah banyak menyumbangkan putra daerah dalam tubuh TNI. Tak heran jika di antara mereka banyak yang sukses berkarier cemerlang di TNI.

Baca juga : Perwira Tinggi TNI Berkarier Cemerlang Kelahiran Kota Debus, Nomor 3 Pahlawan Nasional

Berikut empat Perwira Tinggi TNI yang berkarier cemerlang kelahiran Trenggalek.

1. Imam Musani

Laksamana Muda TNI Imam Musani lahir di Kabupaten Trenggalek pada tanggal 9 Desember 1967. Saat ini beliau menjabat sebagai Komandan Puspenerbal sejak tanggal 16 Januari 2023.

Jenderal Bintang dua ini merupakan lulusan Akmil pada tahun 1990 dengan pendidikan terakhirnya di Kursus Civil Military Approaches to Maritime Security di Monterey Amerika.

Perwira tinggi TNI Angkatan Laut (AL) ini juga pernah menjabat di berbagai posisi penting seperti Komandan Lanal Sabang (2013), Wadan Seskoad (2020—2021) dan juga Komandan Lantamal XIV/Sorong (2021—2023).

2. Hadi Prasojo

Mayor Jenderal TNI (Purn) Hadi Prasojo merupakan mantan pati yang juga berasal dari Angkatan Darat dan kelahiran Trenggalek pada tahun 1959. Jabatan terakhir dari beliau adalah sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Jenderal Bintang dua ini adalah alumni Akmil pada tahun 1983 dari kecabangan artileri pertahanan udara (Arhanud). Selain itu, pendidikan terakhir dari beliau adalah Lemhannas pada tahun 2012.

3. Hamim Tohari

Brigadir Jenderal TNI Hamim Tohari, M.A. merupakan pati kelahiran 22 Juli 1971 di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Saat ini Hamim menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) sejak tahun 2022.
Sebelum menjabat sebagai Kadispenad, Brigadir Jenderal asal Trenggalek ini juga pernah menjabat sebagai pasukan baret merah atau Kopassus. Karier cemerlang tersebut berhasil direbutnya setelah ia lulus Akmil pada tahun 1994 hingga pendidikan di Australia pada 1997.

Baca juga : 6 Perwira Tinggi Kelahiran Malang Berkarier Cemerlang, Nomor 2 Mantan Panglima TNI

4. Widi Prasetijono

Mayor Jenderal TNI Widi Prasetijono merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) di TNI Angkatan Darat. Saat ini, pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur ini menduduki posisi Panglima Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Dalam riwayatnya, alumni Akademi Militer (Akmil) 1993 ini menjadi salah satu Pati TNI yang dimutasi Jenderal Andika Perkasa berdasarkan SK Nomor Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia tertanggal 25 Maret 2022.

Berdasarkan keputusan tersebut, Mayjen TNI Widi Prasetijono yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus beralih tugas sebagai Pangdam IV/Diponegoro, Jawa Tengah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)