Kapolri Jadi Warga Kehormatan Marinir, Sinergi TNI-Polri Makin Kokoh

Selasa, 24 Januari 2023 - 16:47 WIB
loading...
Kapolri Jadi Warga Kehormatan Marinir, Sinergi TNI-Polri Makin Kokoh
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan warga kehormatan Korps Marinir kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Selasa (24/1/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan warga kehormatan Korps Marinir kepada sejumlah pejabat. Di antaranya yakni, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan seluruh Kepala Staf TNI.

"Dalam rangka penyematan sebagai warga kehormatan Korps Marinir yang disematkan kepada Ketua MPR, Ketua DPR, Kapolri, KSAD, KSAL, KSAU yang dilaksanakan melalui serbuan amfibi sebagai tugas pokok Marinir di dalam pertempuran mulai dari pendaratan dilanjutkan gerakan serbuan di darat. Saya tekankan ini atas jasa-jasa sumbangsih atas kemajuan TNI khususnya TNI AL dan didalamnya ada Korps Marinir," kata Panglima TNI di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Setelah menerima penyematan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menegaskan, menjadi warga kehormatan Korps Marinir menjadi kebanggaan baik diri sendiri maupun institusi Polri. Mengingat kata Kapolri, seorang prajurit Marinir memiliki tugas yang sangat berat dalam menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Begini Keahlian Anggota Yontaifib Marinir Gunakan Senapan Serbu

Di sisi lain, Kapolri kembali menekankan, sebagai Kapolri maupun personel Kepolisian, namun di dalam tubuhnya mengalir darah TNI. Mengingat, Kapolri lahir dari keluarga yang berlatar belakang TNI.

"Saya selalu katakan, saya menjadi polisi dan saat ini saya menjadi Kapolri. Namun di darah saya mengalir darah TNI dan itu akan memperkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri ke depan akan semakin kokoh dan semakin baik," ujar Kapolri di kesempatan yang sama.

Menurut Kapolri, dengan adanya pengangkatan warga kehormatan Korps Marinir ini semakin melengkapi baret yang disematkan kepadanya. Di antaranya, warga kehormatan Kostrad, brevet Hiu Kencana, dan disematkan Baret Merah serta Brevet Komando dari Kopassus.

Dia menekankan, dengan adanya penyematan tersebut hal itu bukan semata-mata hanya seremonial. Melainkan, wujud dan bukti semakin kokohnya sinergitas antara TNI-Polri dalam menjaga keamanan, ketertiban serta mempertahankan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.

"Ini tentunya semakin menunjukkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri semakin hari semakin kokoh dan mantap," ucap Kapolri.

Sinergi dan soliditas TNI-Polri, dikatakan Kapolri, merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI). Menurutnya, hal itu akan berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Ini menjadi penting untuk menjaga NKRI, stabilitas kamtibmas akan semakin mantap manakala soliditas TNI-Polri semakin kokoh. Kedaulatan negara akan semakin mantap manakala soliditas dan sinergitas TNI-Polri semakin kokoh. Stabilitas kamtibmas dan politik diperlukan untuk menjaga NKRI semakin kuat dan baik," tutup Kapolri.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)