Gerindra dan PKB Resmikan Sekber Hari ini, Habiburokhman: Koalisi Kita Paling Maju

Senin, 23 Januari 2023 - 11:01 WIB
loading...
Gerindra dan PKB Resmikan Sekber Hari ini, Habiburokhman: Koalisi Kita Paling Maju
Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber), Senin (23/1/2023). FOTO/MPI/CARLOS ROY FAJARTA
A A A
JAKARTA - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB ) akan meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber), Senin (23/1/2023). Lokasi Sekber ada di Jalan Ki Mangunsarkoro Nomor 1 Mententeng, Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, dengan peresmian Sekber ini, Koalisi Gerindra dan PKB selangkah lebih maju dibanding koalisi Pilpres 2024 lainnya. Komunikasi akan semakin intensif, bahkan bisa saja proses pengumuman capres-cawapres dapat segera terwujud.

"Ya kita doakan, itu semua buat proses lebih cepat tapi semua tergantung pada dua ketum partai kami (Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar)," kata Habiburokhman sebelum peresmian Sekber.

Baca juga: Hasil Ijtima Ulama Nusantara Akan Disampaikan Cak Imin di Peresmian Sekber Gerindra-PKB

Menurutnya, tidak ada hambatan yang membuat deklarasi capres-cawapres yang diusung Gerindra dan PKB hingga hari ini belum juga dilaksanakan. Menurutnya, koalisi antara Gerindra dan PKB sudah permanen untuk Pilpres 2024 dan tidak mungkin berubah atau berganti dengan partai politik lainnya.

"Koalisinya. Kita kerja sama di Pemilu 2024, jadi kalau Anda lihat memang belum ada satu pun pasangan capres dan cawapres. Dari semua koalisi itu yang paling maju adalah kita. Paling kompak, nggak ada saling serang di media dan sebagainya," kata Habiburokhman.

Terkait apakah akan ada partai politik lainnya yang akan bergabung dalam Koalisi Gerindra dan PKB, Habiburokhman menyebutkan masih menjajaki hal tersebut. "Nah, itu dia. Kita saat ini terus menjajaki dan mendorong masuknya partai-partai lain. Nantilah nanti, kita peresmian dulu. (Mengusung siapa di Pilgub DKI Jakarta 2024) Belum ada," katanya.

Untuk diketahui, Gerindra dan PKB sudah menandatangani kesepakatan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya untuk menghadapi Pemilu 2024 serta telah mempersiapkan rumah Sekretariat Bersama.

Selain Gerindra dan PKB, ada juga koalisi lain yang sudah terbentuk meskipun belum mengusung capres-cawapres yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan anggota Golkar, PAN, dan PPP. Kemudian adapula rencana Koalisi Perubahan dengan anggota Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Sedangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diketahui sampai saat ini belum menentukan akan bergabung ke koalisi partai politik. Berdasarkan perolehan suara di Pemilu 2019, PDIP merupakan satu-satunya partai politik yang memiliki golden ticket untuk dapat mengusung capres-cawapres tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lainnya dalam Pemilu 2024.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5477 seconds (0.1#10.140)