Kepala BIN Minta Kepala Daerah Bersiap Hadapi Tahun Gelap dan Ancaman Resesi di 2023

Selasa, 17 Januari 2023 - 22:10 WIB
Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengimbau seluruh kepala daerah se-Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadap tahun gelap dan ancaman resesi di 2023. Foto/MNC Media
JAKARTA - Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengimbau kepada seluruh kepala daerah se-Indonesia untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya di 2023. Sebab, tahun ini dianggap sebagai tahun gelap dan penuh ketidakpastian.

Hal itu disampaikan Budi Gunawan saat menjadi pembicara dalam acara Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023 di SICC Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/1/2023).

"Foresight dari intelijen dunia bahwa 2023 sebagai tahun yang gelap dan penuh dengan ketidakpastian. Istilah intelijen disebut winter is coming, ada juga yang menggambarkan bahwa 2023 adalah tahun yang dihantui oleh ancaman resesi dan inflasi,” katanya

Dampaknya akan berpengaruh sampai ke daerah dan dirasakan hingga ke pelosok desa. Untuk itu, Budi Gunawan mengajak kepala daerah se-Indonesia mempersiapkan tahun ini dengan baik sehingga dampak yang dirasakan di Indonesia tidak mengganggu kehidupan masyarakat.





”Perang Rusia dan Ukraina diprediksi akan berlangsung lama. Perang tersebut bisa mengganggu pasokan energi dan pangan dunia. Analisis intelijen ada beberapa potensi ancaman. Pertama perang Rusia Ukraina diprediksi akan berlangsung lama dan berpotensi menggunakan senjata nuklir. Saat ini perang tersebut telah mengganggu pasokan energi dan pangan dunia," katanya.



Mantan Wakapolri ini juga menyebut kondisi geopolitik China dan Taiwan juga semakin memprihatinkan dan bisa memengaruhi jalur logistik dunia. Akibatnya, negara bisa berpikiran nasionalisme sempit untuk mengamankan kebutuhan dalam negeri masing-masing.

"Kita contohkan Italia telah mengalami krisis listrik dan kesulitan pangan. Sementara beberapa negara di Afrika itu sangat bergantung 90% impor gandum dari Rusia dan Ukraina. Mari kita jadikan tahun 2023 ini yang berat ini menjadi tahun yang berkah dengan melakukan persiapan-persiapan yang lebih baik yang lebih matang yang lebih peduli terhadap masyarakat," imbuhnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(cip)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More