Deretan Pistol Buatan PT Pindad, Nomor 2 Sering Dijadikan Cenderamata oleh Menhan Prabowo

Jum'at, 06 Januari 2023 - 07:00 WIB
Menhan Prabowo Subianto memberikan cenderamata pistol G2 Elite buatan PT Pindad kepada KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo saat penetapan Komcad TNI di Lapangan Terbang Suparlan, Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Kamis, (8/9/2022). FOTO/PT PINDAD
JAKARTA - PT Pindad sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri pertahanan telah memproduksi beragam jenis senjata. Salah satunya adalah pistol dengan beragam spesifikasi.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pistol diartikan sebagai senjata api genggam yang pendek dan kecil. Dalam mengoperasikannya senjata api ini bisa ditembakkan dengan satu tangan. Karena bentuknya yang kecil dan ringan, senjata ini juga bisa disembunyikan dalam pakaian.

Pistol produksi PT Pindad terbagi dalam tiga tipe. Pertama, Pindad P1 merupakan pistol dengan sistem operasi single action yang menggunakan amunisi kaliber 9 mm. Pistol ini harus dikokang sebelum tarikan pelatuk bisa melepaskan peluru pertama. Tembakan selanjutnya cukup dengan menarik pelatuk.

Baca juga: Deretan Senapan Mesin Canggih Buatan Pindad, Nomor 2 Bisa Muntahkan 1.200 Peluru per Menit

Kedua, Pindad P2 yang merupakan pistol double action dengan amunisi sama dengan P1, yakni 9 mm. Pistol ini tidak perlu dikokang untuk dapat melepaskan tembakan pertama. Cukup menarik pelatuk, peluru pun meluncur ke arah sasaran.



Ketiga, Pindad P3. Pistol ini sama dengan P2 tapi amunisinya kaliber 7,65 mm.

Berikut ini pistol produksi PT Pindad dan spesifikasinya dikutip dari situs resmi Pindad:

1. G2 Combat Kaliber 9 mm

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More