KSAU Serahkan Pesawat Falcon 7X dan 8X, Perkuat Skadron Udara 17 Halim

Kamis, 05 Januari 2023 - 01:59 WIB
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat acara penyerahan dua pesawat jet jenis Falcon 7X dan Falcon 8X. Foto/Dispenau
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo didampingi Ketua Umum PIA Ardhya Garini Inong Fadjar Prasetyo menyerahkan dua pesawat jet jenis Falcon 7X dan Falcon 8X. Pesawat buatan Dassault Aviation Perancis ini akan memperkuat skadron udara (Skadud) 17 TNI Angkatan Udara.

Penyerahan dua jet itu dilakukan dengan melakukan tradisi yaitu dengan melakukan penyematan logo Skadron Udara 17 dan doa bersama. Jajaran TNI Angkatan Udara juga melakukan ritual pemecahan kendi dan penyiraman bunga di hanggar Skadron Udara 17 Landasan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Fadjar mengatakan tradisi penyambutan pesawat baru ini lumrah digelar oleh TNI Angkatan Udara. Hal itu juga untuk mendoakan agar para pilot dan kru pesawat Falcon 7X dan 8X diberikan keselamatan saat mengoperasikan jet tersebut.



"Kepada seluruh kru, segera menyesuaikan dalam mengoperasikan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X. Teruslah belajar dan tingkatkan penguasaan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X," kata Fadjar dalam keterangannya, Rabu (4/1/2023).



Menurut Fadjar, dua pesawat jet itu mampu dioperasionalkan untuk mendukung komando serta pengendalian pimpinan TNI AU. Bahkan dapat juga digunakan lembaga negara lain dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Tak lupa, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam hal ini yakni melakukan persetujuan untuk menambahkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern di matra udara.

"Kehadiran kedua pesawat merupakan salah satu upaya mewujudkan TNI AU menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan," tuturnya.

Diketahui, kedua pesawat telah datang ke Indonesia, Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Selasa (27/12/2022). Sebelumnya, pesawat angkut VVIP/VIP TNI AU bermesin jet ini diterbangkan dari Perancis menuju Dubai UEA pada Senin (26/12/2022).

Kemudian melanjutkan penerbangan ke Indonesia dan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada 27 Desember 2022. Kedatangan pesawat turut ditinjau Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada 28 Desember 2022.

Turut hadir dalam penerimaan Falcon 7X dan Falcon 8X, Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tony Hardjono, Wadankodiklatau, Irjenau, Korsahli KSAU, para Asisten KSAU, Kapuslaiklambangjaau, Pangkoopsud I, Kadiskomlek, Kadismatau, Kadispenau, dan Komandan Lanud Halim Perdanakusuma.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More