Survei, Anies Jadi Capres Terpopuler di Internet Sejak Pradeklarasi

Selasa, 03 Januari 2023 - 11:52 WIB
FDS UI Research & Consulting turut menyampaikan rilis akhir tahun 2022, di mana Anies Baswedan menjadi capres paling populer di jagat internet pada tahun 2022. Foto/Istimewa
JAKARTA - FDS UI Research & Consulting turut menyampaikan rilis akhir tahun 2022 tentang popularitas dan kekuatan digital para kandidat capres di Pilpres 2024. Hasilnya, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi capres paling populer di jagat internet pada tahun 2022.

Dalam hal ini, popularitas Anies Baswedan didapatkan sebelum dirinya mendeklarasikan menjadi capres dengan Partai Nasdem. FDS UI mencatat, survei terkait "Popularitas Pra Deklarasi September 2022," menempatkan Anies di posisi teratas dengan 478.942 mention di internet. Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 264.545 mention.

Kemudian, di posisi ketiga terdapat nama Ketua DPR yakni Puan Maharani dengan 174.435 dan terakhir bertengger nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di posisi keempat dengan 114.649 mention.

"Pra Deklarasi sebagai capres Nasdem, Anies sudah merupakan kandidat Capres paling populer di ruang siber selama bulan September 2022 dengan 478.942 mention," ujar Chief executive Officer FDS UI Research and Consulting Rulli Nasrullah dalam keterangannya, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: Survei, Anies Unggul dari Sisi Kapasitas dan Integritas



Bahkan lanjut Rulli, popularitas Anies jauh meninggalkan Ganjar, Puan hingga Prabowo. "Popularitas Anies ini cenderung konsisten dan terus meningkat sejak Juli 2022," sambungnya.

Diketahui, survei tersebut berasal dari data percakapan yang didapatkan dari unggahan publik pada berbagai kanal media sosial, yaitu facebook, instagram, twitter, dan youtube,blog, serta kanal news atau portal pemberitaan, di Indonesia.

Analisis sentimen dilakukan secara otomatis (Engine) dan admin cleansing (Human) dengan tingkat akurasi mencapai 92%. Serta, Durasi penarikan data dilakukan dari tanggal 1-30 September 2022.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More