7 Prajurit TNI yang Menjabat Gubernur Jawa Tengah

Selasa, 03 Januari 2023 - 04:45 WIB
Tercatat 7 orang yang pernah menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah merupakan prajurit dan mantan prajurit TNI. Foto/istimewa
JAKARTA - Hingga saat ini, tercatat 15 orang pernah menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah dengan masa jabatan yang bervariasi. Soeroso adalah gubernur Jawa Tengah pertama yang ditunjuk Soekarno setelah proklamasi kemerdekaan pada 1945.

Menjelang akhir Orde Lama hingga masa transisi Era Reformasi, gubernur Jawa Tengah dijabat gubernur berlatar belakang militer. Berikut daftarnya.

1. Brigadir Jenderal (Tituler) KKO-AL Mochtar



Foto/wikipedia



Mochtar yang lahir Salatiga pada 24 Juni 1909 menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah pada 1960, menggantikan Hadisubeno Sosrowerdojo seorang politikus Partai Nasional Indonesia (PNI).

Sebelum menjabat gubernur, Mochtar telah mencicipi sejumlah jabatan di Klaten, Pekalongan, Pemalang, dan Magelang. Di penghujung kekuasaan Soekarno, Mochtar dicopot. Dia mengakhiri jabatan gubernur pada 5 Mei 1966.

Maochtar dianggap sangat berjasa terhadap perkembangan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Pada perayaan Dies Natalis ke-64 UNDIP di tahun 2021, Mochtar dijadikan nama jalan protokol kawasan kampus Tembalang, Semarang.

2. Mayor Jenderal (Purn) HM Moenadi
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More