Dibuka Mensos Risma, HDI Expo 2022 Tampilkan Potensi dan Hasil Karya Penyandang Disabilitas

Jum'at, 30 Desember 2022 - 18:04 WIB
Karya alat bantu aksesibilitas tersebut seperti hasil rakitan tongkat penuntun adaptif, sensor air, kursi roda elektrik, motor roda tiga

dengan etalase hingga aplikasi pembaca layar yang dapat digunakan pada gawai seperti telepon genggam dan laptop.

Expo HDI 2022 juga semakin meriah dengan adanya penampilan musik dari Disnet Band Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi. Selain itu, ada juga penampilan seni tari bertajuk "Tari Kolaborasi Nusantara" dari penyandang disabilitas sensorik rungu wicara, sensorik netra, hingga penyandang disabilitas intelektual.

Tarian terdiri dari Tari Grebek Sabrang, Tari Nuribayan Jawa Barat, Tari Mari Kangen, Tari Pangkur Sagu asal Papua, Tari Sekar Wangi dan Tarian Ondel-Ondel. Tari-tarian ini dibawakan oleh Anak-anak SLB-B Yayasan Pendidikan Tunas Bangsa, Sanggar Deaf Art Production, Bandung, Jawa Barat, SLBB Karya Mulya Nusantara Surabaya, sanggar tari tradisional Yudha Asri Jakarta, Kampung Inklusi Banyuwangi dan Yayasan Asih Budi Jakarta.

"Para disabilitas ini adalah mutiara-mutiara yang perlu diasah. Jika diasah, mereka akan jadi mutiara yang bisa menghiasi dan menjadikan dunia ini indah. Jadi jangan remehkan ciptaan Tuhan. Saya tidak ingin ada teman-teman disabilitas yg dianggap remeh. Kemampuan dan potensi itu harus ditampilkan dan dieksplorasi," ujar Risma.

HDI Expo 2022 ini juga semakin lengkap dengan adanya lelang 60 lukisan para penyandang disabilitas yang dilakukan langsung oleh Risma. "Hari ini saya ingin membantu teman-teman disabilitas untuk lelang karya-karya lukisan mereka. Karena hari ini banyak peserta lelang, semoga ini semakin banyak bermanfaat untuk kehidupan mereka," katanya.

Sepanjang Desember 2022, Kemensos melaksanakan rangkaian HDI dengan menyalurkan bantuan senilai total Rp33,2 miliar. Bantuan ini terdiri dari Indonesia Melangkah dan Bebas Pasung di Subang, dilaksakan serentak di seluruh Indonesia.

Kemudian, Indonesia Bebas Pasung, Indonesia Mendengar dan Indonesia Melihat yang dipusatkan di Bekasi, yang diikuti oleh praktik bebas pasung dari seluruh lndonesia secara langsung melalui daring.

Ada juga Penyerahan Bantuan ATENSI kepada penyandang disabilitas di Cilincing, Jakarta Utara. Selanjutnya kegiatan HDI digelar bersamaan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang dipusatkan di Kabupaten Klungkung, Bali dimana diikuti di semua kab/kota se-Bali secara serentak.

Mensos juga menyampaikan bahwa Kemensos telah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani untuk memasukkan data para penyandang disabilitas mental sebagai penerima BPJS-PBI. Hal ini juga sebagai upaya memenuhi target penerima BPJS-PBI dalam RPJMN.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More