Sahabat Ganjar Jaring Dukungan lewat Kesenian Oklik dan Fashion Show Batik

Sabtu, 17 Desember 2022 - 21:48 WIB
Sahabat Ganjar menggelar kesenian oklik digelar di Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (17/12/2022). FOTO/IST
JAKARTA - Kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 yang tergabung dalam Sahabat Ganjar menjaring dukungan lewat kesenian oklik dan fashion show batik. Dalam dua acara di daerah berbeda itu, digelar deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo maju ke Pilpres 2024.

Adapun kesenian oklik digelar di Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (17/12/2022). Pertunjukan seni oklik yang digelar Sahabat Ganjar berkolaborasi dengan komunitas milenial berbudaya itu dalam rangka apresiasi kepada Ganjar Pranowo.

"Saya sangat senang bisa ikut acara kesenian oklik bersama dengan Sahabat Ganjar, dan saya sangat terkesan dengan Bapak Ganjar Pranowo selama menjadi Gubernur Jawa Tengah," ujar Adrian, anggota komunitas milenial berbudaya itu.

Pertunjukan kesenian oklik yang dibawakan oleh mayoritas anak-anak muda itu menghibur warga Kabupaten Bojonegoro. "Seni musik oklik ini adalah seni tradisional, sangat bagus kalau masih banyak anak-anak muda yang mau melestarikan seni oklik ini," ujar Suseno, salah satu warga.

Ketua DPW Sahabat Ganjar Jawa Timur Bambang Wahyuono yang menghadiri kegiatan tersebut sempat memberikan pengenalan tentang Ganjar Pranowo kepada warga sekitar. Dia menjelaskan dengan kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk lebih kenal dengan budaya musik tradisional.



"Saya mengucapkan terima kasih kepada para warga yang datang beramai-ramai ke tempat ini untuk mengenal Bapak Ganjar Pranowo lebih dalam lagi. Saya juga berterima kasih dengan antusiasme anak-anak muda di kota ini yang mau membantu melestarikan seni oklik ini," ujar Bambang.

Sedangkan fashion show batik digelar di Lapangan Sepak Bola Alatengae, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Lomba yang digelar Sahabat Ganjar itu untuk kaum milenial.

Selain itu, workshop seputar batik juga digelar yang dilanjutkan dengan deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo. Ketua DPW Sulawesi Selatan Subair Silaleng menjelaskan bahwa batik adalah budaya nusantara yang harus dilestarikan. Terlebih, banyak jenis batik yang tersebar di Tanah Air ini.

"Batik di Sulsel ada beberapa macam, namun yang terkenal hanya 2 yaitu motif toraja dan motif aksara lontara," kata Subair.

Para milenial di Kabupaten Maros kali ini juga diberikan edukasi seputar batik dengan digelarnya workshop. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Subair.

"Pengetahuan tentang batik merupakan tantangan tersendiri dalam membuat suatu padu padan tentang batik, dengan memberikan pengetahuan tentang batik maka para milenial bisa berkreasi dengan batik," kata Subair.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More