Orang Tua Meninggal karena Corona, Semua Harus Peduli Pengasuhan Anak

Kamis, 09 Juli 2020 - 14:30 WIB
Sementara itu, Pendiri Yayasan Sejiwa Diena Haryana menjelaskan orang tua juga menghadapi sejumlah tantangan dalam hal pengasuhan di masa pandemi Covid-19. Salah satu di antaranya yakni meningkatnya kedekatan anak dengan gawai dan internet.

Langkah menghadapinya kata Diena, orang tua perlu menjadi 'top of mind' bagi anak agar anak mampu menangkal segala tantangan negatif dari luar yang bisa merusak. Menurutnya, ada beberapa tips agar orang tua menjadi utama di dalam benak anak.

"Orang tua harus belajar dan miliki literasi digital yang baik, paham tentang konten-konten di internet, memahami cara-cara mendampingi anak dengan bijak di dunia maya, dan banyak bermain dengan anak, serta mampu mengajak anak berdiskusi dan mengingatkan akan potensi buruk dari adiksi," ujar dia.

Ia pun meminta, agar orang tua perlu membuat kesepakatan dengan anak, sehingga mereka aman di dunia maya. Upayakan anak mengakses gawai di ruang yang aman dan terlihat agar anak dapat diawasi dari potensi predator anak dan eksploitasi seksual pada anak.
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More