Gempa Cianjur, BNPB Kerahkan Helikopter Kirim Logistik

Selasa, 22 November 2022 - 02:49 WIB
BNPB mengerahkan helikopter untuk mendistribusikan logistik ke titik-titik terdampak gempa Cianjur, khususnya ke lokasi yang tak terjangkau jalur darat. Foto: SINDOnews/Dok
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan helikopter untuk mendistribusikan logistik dan bantuan lainnya ke titik-titik terdampak gempa Cianjur, khususnya ke lokasi yang tak terjangkau jalur darat.

"BNPB akan mendampingi Menko PMK dan Kepala BMKG turun langsung ke lapangan membawa dukungan logistik menggunakan satu unit helikopter," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, BNPB, Abdul Muhari, Senin (21/11/2022).



"Nantinya helikopternya akan kita standby kan di Cianjur guna mendukung distribusi logistik ke daerah-daerah yang terisolir," lanjut Muhari.

Menurut dia, terdapat sejumlah titik lokasi, khususnya jalan yang terkena longsor, sehingga tidak bisa diakses dengan jalur darat. Alhasil, distribusi logistik susah dipasok sehingga helikopter perlu dikerahkan dan bakal disiagakan di Cianjur.



Baca juga: Update Korban Gempa Cianjur: 326 Orang Luka-luka, 13.784 Mengungsi



"BNPB juga mendorong untuk diterjunkan 47 tenda dengan kapasitas satu tendanya itu 30-40 orang. Logistik siap pakai untuk mendukung pengungsian yang saat ini terjadi di Cianjur. Jadi kira-kira demikian respons cepat kita yang diharapkan sudah tergelar di daerah terdampak," tuturnya.

Adapun paket logistik yang bakal didistribukan terdiri atas beras hingga makanan siap saji. Logistik tersebut bakal dipasok secara bertahap sambil melakukan kaji cepat lapangan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More