Kisah Mbah Langkung Sosok Legenda yang Jadi Saksi Berdirinya Grup 2 Kopassus

Selasa, 01 November 2022 - 04:30 WIB


Mbah Langkung dan suaminya. Foto: Kanal YouTube Kandang Menjangan



Dia pun mengaku pernah dilarang berjualan di sekitar Grup 2 Kopassus. “Mbah jangan jual, jangan masuk,” kata Mbah Langkung menirukan seorang tentara yang melarangnya kala itu.

Namun, dia tidak patah semangat untuk mencari rezeki demi menyambung hidup. “Saya izin sama Pak Wadan grup saja. Selamat pagi Pak Komandan, Mbah Langkung izin jualan Pak Komandan, assalamualaikum Pak Komandan,” kata Mbah Langkung mengisahkan.

“Oh iya Mbah sini Mbah masuk. Sehat Mbah? Mbah Kakung sehat?” ucap Mbah Langkung menirukan seorang tentara yang dipanggilnya sebagai komandan itu.

“Alhamdulillah. Semua pada minggir. Iya, yang mengikuti tadi ya pada minggir. Saya izin sama Pak Komandan,” ungkapnya.

Tidak sedikit juga mereka yang sudah menjadi perwira datang ke rumahnya saat Hari Raya Lebaran. “Ya Pak Vivin, Pak Tagor yang jadi jenderal-jenderal itu mencari Mbah Langkung ke rumah hari raya, alhamdulillah, terima kasih,” imbuhnya.

Ada pula yang menitipkan bantuan berupa uang kepada Mbah Langkung melalui anak buahnya. “Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon 21, yang masih ingat dengan sosok Mbah Langkung. Di sela-sela kesibukannya, Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu masih menyampaikan titip salam buat Mbah Langkung,” bunyi keterangan postingan Kanal YouTube Kandang Menjangan Channel pada 3 November 2021.

Dalam postingan itu, tiga orang anggota korps baret merah mengantarkan Mbah Langkung pulang ke rumahnya dengan mobil Toyota Yaris warna putih. Para anggota Kopassus itu juga bertemu dengan suaminya yang sudah berusia sekitar 94 tahun.



Foto: Tangkapan layarKanal YouTube Kandang Menjangan



“Jadi gini Mbah, kami tadi malam dapat informasi dari Brigjen TNI Jimmy Ramos Manalu, beliau menanyakan kabar Mbah. Saya bilang untuk Mbah orangnya sehat, bapak petunjuk, nanti minta tolong hari ini kata beliau disampaikan ada titipan dari saya buat Mbah. Nitip sedikit katanya buat Mbah sama Mbah Kakung semoga bisa berkah,” kata seorang anggota Kopassus sambil menyerahkan amplop kepada Mbah Langkung.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More