3 Pejabat Negara Komunis yang Mendapat Bintang Republik Indonesia Adipurna, Nomor 2 Kakek Kim Jong-un

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:12 WIB
Sekitar 1960, Bung Karno tiba di Bandara Havana dan langsung disambut oleh Fidel Castro. Selama kunjungan bersejarah ini, kedua pemimpin ini memiliki beberapa pandangan yang sama, yakni tentang prinsip kemerdekaan dan antiimperialis.

Sebagai simbol persahabatan, Soekarno memberikan sebuah keris serta menganugerahinya dua penghargaan tertinggi di Indonesia, yaitu Bintang Republik Indonesia Kelas I (Adipurna) dan Bintang Persahabatan.

Baca juga: Arti dan Sejarah Simbol Palu Arit dalam Lambang Komunis

2. Kim Il-sung



Kim Il-sung merupakan mantan Presiden dari Korea Utara. Selain itu, dia juga diketahui sebagai kakek dari pemimpin Korut saat ini, yakni Kim Jong-un.

Dikutip dari laman Independent Observer, Kim Il-sung yang kala itu masih menjabat Perdana Menteri Korea Utara menyambangi Indonesia pada 10 April 1965. Dalam kunjungannya, dia ditemani beberapa pejabat lain termasuk Menteri Luar Negeri Korut dan putranya yang bernama Kim Jong-il.

Dalam kunjungan bersejarah ini, Presiden Soekarno mempersembahkan kepada Kim Il-Sung Bintang Republik Indonesia Kelas I (Adipurna) dan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Song Chol dengan Bintang Republik Kelas II. Sementara, pejabat Korut lainnya juga diberikan Bintang Mahaputera Kelas II.

3. Leonid Brezhnev

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More