Politikus Demokrat Kaget Survei Elektabilitas Puan Maharani Capai 9,6%

Sabtu, 03 September 2022 - 13:18 WIB
Sekretaris Majelis Tinggi DPP, Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengaku agak kaget dengan adanya hasil lembaga survei terkait elektabilitas Puan Maharani. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Sekretaris Majelis Tinggi DPP, Partai Demokrat, Andi Mallarangeng mengaku agak kaget dengan adanya hasil lembaga survei terkait elektabilitas Ketua DPP PDIP, Puan Maharani yang mencapai 9,6%.

Diketahui, survei itu menempatkan Puan pada urutan keempat dalam elektabilitas calon presiden 2024 mengungguli gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang berada di angka 7,7%.

"Bagi saya agak surprise juga kalau di sini kelihatannya cukup tinggi Mbak Puan nomor 4. Biasanya survei yang lain Mbak Puan itu di satu atau dua persen, di sini saya lihat sudah 8 persen," kata Andi dalam program Polemik MNC Trijaya yang disiarkan secara daring, Sabtu, (3/9/2022).

Baca juga: PDIP Pastikan Berkoalisi di Pilpres 2024

Namun Andi menyebutkan, angka tersebut menandakan adanya penerimaan publik terhadap presiden perempuan. Dia pun mendukung Puan yang menambah berbagai pilihan pasang calon yang ditawarkan kepada masyarakat jelang Pemilu 2024.



"Saya melihat saya mendukung kalau Mbak Puan mau jadi calon presiden bagus itu memberikan pilihan bagi masyarakat. Kalau ada dua, tiga calon atau bahkan 4 lalu satunya perempuan kan bagus," ujarnya.

Sebelumnya, Lembaga Survei KedaiKOPI menemukan bahwa penerimaan publik terhadap presiden perempuan mengalami peningkatan dari 34,2% pada bulan November 2021 menjadi 55,5% pada bulan Agustus 2022.

Lembaga Survei KedaiKOPI ini menemukan 6 calon presiden perempuan yang disebutkan oleh pemilih dalam pertanyaan terbuka tentang elektabilitas.

"Ada nama Puan Maharani (9,6%), Megawati Soekarnoputri (0,7%), Susi Pudjiastuti (0,6%), Khofifah Indar Parawansa (0,6%), Tri Rismaharini (0,5%), dan Sri Mulyani (0,2%)," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo.

Dari hasil survei tersebut, nampak elektabilitas calon presiden perempuan semakin menguat terutama untuk Puan Maharani. Nama-nama tokoh laki-laki seperti Ganjar Pranowo (26%), Prabowo Subianto (18%), Anies Baswedan (14,5%), Ridwan Kamil (7,7%) juga terdeteksi dalam survei ini.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More