Perbedaan Pangkat Polisi yang Memimpin Mabes Polri hingga Polsek

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 10:33 WIB
Terdapat perbedaan pangkat polisi yang mengisi susunan organisasi mulai dari tingkat pusat hingga sektor kewilayahan. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Terdapat perbedaan pangkat polisi yang mengisi susunan organisasi mulai dari tingkat pusat hingga sektor kewilayahan. Sama halnya seperti organisasi pada umumnya, struktur organisasi ini juga berjenjang berdasarkan pangkat polisi.

Pada tingkat pusat dalam organisasi ini adalah Mabes Polri. Sedangkan untuk sektor kewilayahan terdapat jajaran seperti Polda, Polres, dan Polsek.

Berikut pangkat polisi yang mengisi jabatan dalam pimpinan organisasi Polri dilansir dari humas.polri.go.id:

A. Tingkat Mabes Polri

Pada tingkatan ini dijabat oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang bertanggung jawab pada Presiden Republik Indonesia nantinya. Pangkat polisi yang mengisi posisi ini adalah seorang Jenderal Polisi.



B. Tingkat Polda (Kepolisian Daerah)

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Kapolda) nantinya bertanggung jawab pada Kapolri dan membawahi Polres.

Terdapat tiga tipe dalam Polda yaitu Tipe A-K, Tipe A, dan Tipe B. Dalam Tipe A-K hanya terdapat satu Polda yakni Metro Jaya. Dalam kepemimpinannya Tipe A-K dan Tipe A memiliki pimpinan yang sama yaitu perwira tinggi berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen).

Sedangkan untuk Tipe B akan dipimpin oleh seorang perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More