Letjen Arie Jeffry Kumaat, Kepala BIN Pertama Peraih Adhi Makayasa

Kamis, 25 Agustus 2022 - 06:05 WIB
Masih di dunia intelijen, Arie lalu dipercaya menduduki jabatan Direktur D Badan Intelijen Strategis (BAIS). Karier militernya kemudian berlanjut menjadi Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Medan (September 1994-Agustus 1995), Asisten Teritorial Kasum ABRI (Agustus 1995-29 Agustus 1997), Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) ABRI (29 Agustus 1997-28 Mei 1998), dan dan Kepala Pusat Koordinasi Kegiatan Penegakan Hukum dan Sistem Keamanan Departemen Pertahanan (Mei 1998-November 1999).

Arie juga menempuh sejumlah pendidikan selama karier militernya. Arie mengawalinya di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Dia berhasil keluar sebagai lulusan terbaik AKABRI bagian Darat, penerima penghargaan Adhi Makayasa.

Pria berdarah Manado kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (SESKOAD) dan Sekolah Staf Dan Komando ABRI (SESKO ABRI). Dia juga tercatat menyandang Sarjana Sosial Politik dan Sarjana Hukum. Berprestasi, Arie juga keluar sebagai lulusan terbaik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Atas jasa dan pengabdiannya, Arie dianugrahi Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Kartika Eka Paksi Nararya, dan Bintang LVRI. Arie Kumaat tutup usia pada 13 Januari 2002. Dia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More