Panglima TNI Jenderal Andika Terima Penghargaan dari Sultan Brunei

Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:43 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah Pertama dari Kesultanan Brunei Darussalam, dalam sebuah upacara di Bandar Seri Begawan pada Jumat (15/7/2022). Foto/Antara
JAKARTA - Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa menerima penghargaan Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah Pertama. Ini sebuah penghargaan tertinggi dari Kesultanan Brunei Darussalam yang diberikan kepada para pemimpin angkatan bersenjata.

”Pemberian gelar sebelumnya juga diberikan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diserahkan langsung oleh Sultan Brunei Darussalam pada Hari Keputeraan, 15 Juli 2018,“ kata Dubes RI di Bandar Seri Begawan, Dr. Sujatmiko, Sabtu (16/7/2022).

Penganugerahan Bintang Kebesaran Negara Brunei, diberikan langsung oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah dalam rangka HUT (Keputeraan) ke-76 Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darusslam dalam sebuah upacara pada 15 Juli 2022, di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan.

Selain menjabat sebagai Sultan dan Yang Di-Pertuan Negara Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah juga merupakan menteri pertahanan dan panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Diraja Brunei sekaligus menteri luar negeri, menteri ekonomi dan keuangan Brunei.

Dubes Sujatmiko mengatakan bahwa penganugerahan bintang kebesaran itu menunjukkan kuat dan eratnya hubungan Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB) dan TNI.Pemerintah Indonesia juga pernah memberikan penghargaan Bintang Yudha Dharma Utama kepada Panglima Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB).



Indonesia dan Brunei Darussalam memiliki kerja sama di bidang pertahanan yang erat, meski terjadi pandemi COVID-19, di antaranya di bidang pendidikan antara ABDB dan TNI.Kerja sama lainnya adalah latihan bersama antara prajurit TNI dan ABDB yang rutin diselenggarakan secara bergantian di kedua negara, baik gabungan maupun antarmatra.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ams)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More