Matangkan Tata Kelola Pemda, BSKDN Target Tahun Ini Hasilkan Peta Pembinaan

Rabu, 29 Juni 2022 - 07:07 WIB
Dalam penyusunan ITKPD ini, BSKDN Kemendagri bekerja sama dengan Kemitraan, sebagai mitra pendukung. Peneliti Kemitraan, Sigit Murwito yang turun hadir dalam diskusi tersebut mengatakan, kerja sama ini telah menunjukkan progress yang signifikan untuk membangun ITKPD dalam waktu dekat.

"Kita sudah mendapatkan data, mengonfirmasi metode dan unsur-unsur yang digunakan oleh beberapa kementerian dan lembaga. Dari situ kita akan menentukan bagaimana memanfaatkan dan memperlakukan data untuk membangun ITKPD ini," ucap Sigit.

Sebagai tambahan informasi, ITKPD merupakan indeks yang digunakan untuk mengukur efektifitas tata kelola suatu pemerintah daerah. Indeks tersebut direncanakan mengandung beberapa aspek, di antaranya kualitas tata kelola pemerintah daerah, kualitas lingkungan pendukung, dan capaian pembangunan daerah. Aspek-aspek tersebut akan diukur dengan skema komposit yang komprehensif.

Hadir pula dalam acara tersebut enam pengampu data dari empat kementerian/lembaga, yaitu BPS, Kementerian LHK, Kementerian PAN-RB dan BKN. Mereka mengaku siap mendukung dan berkolaborasi dalam pembangunan ITKPD.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More