Puncak Kezuhudan Ilmuwan

Rabu, 22 Juni 2022 - 14:50 WIB
Gun Gun Heryanto (Foto: Ist)
Gun Gun Heryanto

Dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta dan Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute

JAKARTA di waktu senja yang temaram menuju malam. Saya sedang berkendara menuju kantor salah satu DPP Partai Politik yang akan menggelar diskusi nasional. Saya diminta menjadi salah satu narasumber bersama Philips J Vermonte (UIII) dan Yanuar Nugroho (CPIG). Mobil yang saya kendarai baru saja tiba di lobi tower tempat diskusi digelar, saat ponsel berdering dan ternyata panggilan dari istri.

Sesaat ponsel tersambung, terdengar tangis membahana dari istri saya. Dengan suara tercekat, dia mengabari kalau Prof. H. Faisal Ismail, MA, Ph.D, ayah mertua saya telah tiada. Intelektual asketis ini meninggal dalam tenang usai menunaikan shalat ashar, di hari Jum’at (10/6). Saya putuskan untuk batal mengisi acara seminar, dan bergegas pulang untuk berkemas berangkat ke Yogyakarta bersama seluruh keluarga yang ada di Jakarta.

Narasi Intelektual



Prof. Faisal lahir di Sumenep, Madura 15 Mei 1947 dan meninggal di Yogyakarta, 10 Juni 2022 padausia yang ke-75 tahun. Sosok yang kian langka, karena telah melampaui beragam peran sosialnya, mulai dari intelektual di kampus hingga merengkuh posisi Guru Besar, birokrat, dan menjadi diplomat/Duta Besar tanpa kehilangan waktu dan ketajaman analisisnya dalam beragam artefak pemikiran yang terserak di puluhan buku, ratusan jurnal ilmiah, kolom-kolom media nasional, dan makalah di berbagai seminar baik dalam maupun luar negeri. Salah satu koran yang dengan setia menerbitkan tulisan-tulisan beliau selama bertahun-tahun adalah KORAN SINDO.

Selama hidup, Prof Faisal mengajar di berbagai universitas mulai di kampus utamanya sebagai Guru Besar, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (mengajar sejak 1977 hingga akhir hayatnya), Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Indonesia (UII), PPs Teologia Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta, PPs Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, hingga menjadi Visiting Professor di Institute of Islamic Studies, McGill University di Kanada. Selain itu, juga kerap menjadi penguji tesis/disertasi di Institut Pengajian Islam Universitas Malaya dan International Islamic University Malaysia.

Pemikirannya menjadi “oase” di tengah keringkerontangnya teladan intelektual di zaman yang selalu menuntut kita berlari tunggang-langgang. Merujuk pada Teori Naratif dari Walter Fisher dalam Human Communication as Narration: Toward a Philosophy of Reason, Value and Action (1985), narasi dimaknai sebagai tindakan simbolik – kata-kata dan atau tindakan yang memiliki rangkaian serta makna bagi siapapun yang hidup, mencipta atau memberi interpretasi. Prof Faisal telah sukses membentangkan narasi kehidupannya yang istimewa.

Dia konsisten membangun nalar akademik yang bisa diamati di banyak karyanya. Di antara karayanya ada: Masa Depan Pendidikan Islam di Tengah Kompleksitas Tantangan Modernitas (2003); Pijar-pijar Islam: Pergumulan Kultur dan Struktur (2004) , Membogkar Keracuan Pemikiran Nurcholish Madjid: Seputar Isu Sekularisasi dalam Islam (2010); Rekam Jejak Kebangsaan dan Kemanusiaan (2011); Republik Bhineka Tunggal Ika: Mengurai Isu-isu Konflik, Multikulturalisme, Agama dan Sosial Budaya (2012); Paradigma Kebudayaan Islam: Studi Kritis dan Analisis Historis (2014); Membongkar Absurditas Ide-ide Ahmad Wahib (2014); Islam Konstitusionalisme dan Pluralisme (2019), NU, Moderatisme dan Pluralisme (2020) serta puluhan karya-karya lainnya termasuk ontologi puisi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More