Kemenag Finalisasi Biaya Menyusul Saudi Izinkan 1 Juta Jamaah Haji Beribadah

Sabtu, 09 April 2022 - 14:01 WIB
Jamaah Haji asal Indonesia pada tahun ini dipastikan bisa berangkat ke Tanah Suci. Setelah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penyelenggaraan Haji 1443 H. Foto/REUTERS
JAKARTA - Jamaah haji asal Indonesia pada tahun ini dipastikan bisa berangkat ke Tanah Suci. Hal itu diputuskan setelah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H memiliki kuota 1 juta orang.

Baca Juga: Haji
"Ini kabar gembira. Kepastian adanya kuota ini akan segara kami tindaklanjuti dengan finalisasi sejumlah langkah taktis yang telah dilakukan," ucap Hilman, Sabtu (9/4/2022).



Menurut Hilman, waktu yang tersedia tidaklah banyak. Sehingga, Kemenag akan bekerja cepat dalam merampungkan persiapan, termasuk yang terkait dengan teknis pemilihan jamaah berhak berangkat sesuai ketentuan Arab Saudi dan pembinaan manasik bagi mereka.

"Kita akan bergerak cepat untuk melakukan persiapan. Biaya haji juga akan segera kita finalisasi dengan Komisi VIII DPR," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan rasa syukur atas adanya kepastian keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun ini.

"Syukur alhamdulillah, jamaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jamaah haji di Tanah Air," kata Menag, Sabtu (9/4/2022).

Menurutnya, batalnya pemberangkatan jamaah haji Indonesia dalam dua tahun terakhir telah menyebabkan kerinduan mendalam jamaah Indonesia untuk ke Tanah Suci.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kerajaan Saudi yang memberi kesempatan tahun ini bagi jamaah Indonesia untuk memenuhi panggilan beribadah haji," ujar Yaqut.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More