Kisah Pierre Tendean Jemur Anak-anak Pejabat

Rabu, 06 April 2022 - 06:24 WIB
Saat itu, kata Hamdan, ada remaja yang menantang karena merasa anak tentara. Namun, Pierre justru membentak balik seorang remaja yang menantang tersebut.

"Mereka diminta menulis surat pernyataan dan bapaknya dipanggil. Para bapak mereka yang notabene pejabat negara, juga sungkan terhadap Pierre karena semua tahu prestasi Pierre dan di kalangan tentara juga mengetahui Pierre dipilih oleh Pak Nas untuk menjadi ajudannya. Selain itu, semua orang tahu Pak Nas adalah salah satu founding father dari tentara Indonesia," ungkap Hamdan.

Hal senada juga diungkapkan oleh anak sulung Jendela AH Nasution, Yanti Nasution. Yanti mengingat kejadian Pierre Tendean menangkapi anak-anak pejabat yang ngebut-ngebutan di Jalan Teuku Umar dengan perasaan campur aduk, antara geli, gemas, dan dongkol.



Foto keluarga Tendean pada malam midodareni Rooswidiati, 1 Juli 1965. Foto/ist



Saat kejadian itu, Yanti Nasution masih berusia 13 tahun. Yanti mengingat anak para pembesar yang ditahan dan dihukum Pierre Tendean itu panik.

Sebagian besar anak-anak itu adalah kawan sekolah Yanti Nasution. Peristiwa itu terjadi di hari-hari terakhir menjelang Gerakan 30 September.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More