Ini Makna Nilai Huruf dalam Evaluasi SAKIP dan RB

Selasa, 05 April 2022 - 11:51 WIB
Pemberian penghargaan SAKIP dan RB Tahun 2021 oleh Kemenpan-RB, Selasa (5/4/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
JAKARTA - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( PAN-RB ) Rini Widyantini menjelaskan kategori penilaian dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP ) dan Reformasi Birokrasi. Hasil evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 sebagian besar daerah mendapatkan hasil positif.

"Hasil evaluasi dari reformasi birokrasi dan SAKIP pada tahun 2021 ini secara nasional menunjukkan tendensi hasil yang positif," kata Rini dalam sambutannya saat pemberian penghargaan SAKIP dan RB Tahun 2021 oleh Kemenpan-RB, Selasa (5/4/2022).

Ia memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota yang telah konsisten melakukan berbagai perbaikan, sehingga mendapatkan peringkat SAKIP RB B, BB, A dan AA.

Baca juga: Pemprov DKI Dapat Predikat A Penghargaan SAKIP dan RB 2021

Kategori AA dengan nilai absolut 90-100 memiliki interpretasi sangat memuaskan. Artinya telah terwujud Good Governance. Seluruh kinerja dikelola dengan sangat memuaskan di seluruh unit kerja. Telah terbentuk pemerintah yang yang dinamis, adaptif, dan efisien (Reform). Pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level individu.



Kategori A dengan nilai absolut 80-90 memiliki interpretasi memuaskan. Artinya terdapat gambaran bahwa instansi pemerintah/unit kerja dapat memimpin perubahan dalam mewujudkan pemerintahan berorientasi hasil, karena pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level eselon 4/Pengawas/Subkoordinator.

Kategori BB dengan nilai absolut 70-80 memiliki intepretasi sangat baik. Terdapat gambaran bahwa AKIP sangat baik pada 2/3 unit kerja, baik itu unit kerja utama, maupun unit kerja pendukung. Akuntabilitas yang sangat baik ditandai dengan mulal terwujudnya efisiensi penggunaan anggaran dalam mencapai kinerja, memiliki sistem manajemen kinerja yang andal dan berbasis teknologi informasi, serta pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level eselon 3/koordinator.

Baca juga: Nadiem Apresiasi 81 % Satker Raih Predikat Memuaskan dan Sangat Baik pada SAKIP 2021

Kategori B dengan nilai absolut 60-70 memiliki interpretasi Baik. Terdapat gambaran bahwa AKIP sudah baik pada 1/3 unit kerja, khususnya pada unit kerja utama. Terlihat masih perlu adanya sedikit perbalkan pada unit kerja, serta komitmen. dalam manajemen kinerja. Pengukuran kinerja baru dilaksanakan sampai dengan level eselon 2/unit kerja.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More