40 Kolonel AD Naik Pangkat Jadi Brigjen, 22 Bertugas di Luar Struktur TNI

Minggu, 06 Maret 2022 - 08:21 WIB
Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat tersebut berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Rabu (23/2/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE TNI AD
JAKARTA - KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat 54 Perwira Tinggi Angkatan Darat . Dari jumlah tersebut 40 perwira resmi pecah bintang alias menyandang pangkat brigadir jenderal (brigjen).

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat tersebut berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Rabu (23/2/2022). Sebelumnya para perwira mengikuti upacara serupa di Mabes TNI yang dipimpin Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Saya mendorong kepada para perwira untuk terus mengembangkan kepemimpinan, kinerja, kreativitas dan kemampuan manajerial sesuai level jabatan masing-masing, yang dilandasi keyakinan untuk berbuat yang terbaik, memiliki imajinasi, inovasi, visi, misi serta harapan dan cita-cita," kata Dudung dalam keterangan resmi, dikutip, Minggu (6/3/2022).

Secara keseluruhan terdapat 54 pati yang naik pangkat setingkat lebih tingi. Empat jenderal resmi bintang 3 alias menembus letjen TNI. Mereka yakni Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Dankodiklatad Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa.

Khusus Maruli dia mengukir sejarah tersendiri. Mantan Danpaspampres itu menjadi lulusan Akademi Militer 1992 tercepat yang menembus bintang 3.



Terdapat 40 kolonel yang pecah bintang alias berpangkat brigjen. Dari jumlah ini 18 pati berdinas dalam struktur TNI AD dan 22 lainnya berada di luar struktur. Salah satu jenderal baru di dalam struktur AD yakni Brigjen TNI Rudy Saladin.

Rudy merupakan lulusan terbaik Akmil 1997 (Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama). Mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut kini bertugas sebagai Danrem 061/Suryakancana Kodam III Siliwangi.



Dudung sekaligus berpesan kepada para pati yang naik pangkat agar dapat menjadi teladan dan inspirasi yang baik bagi bawahannya. Dengan demikian, kata dia, organisasi TNI AD akan memiliki prajurit yang tidak hanya sanggup mengorbankan jiwa dan raganya. "Namun juga memiliki keluhuran budi sebagai kesatria bangsa," ucap Dudung.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More