Simulasi: Duet Prabowo-Anies Paling Berpotensi Menang di Pilpres 2024

Senin, 31 Januari 2022 - 12:20 WIB
Duet Prabowo dan Anies berpotensi memenangkan konstestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto jika berpasangan dengan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan berpotensi memenangkan konstestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Elektabilitas pasangan Prabowo-Anies paling tinggi dibanding pasangan lain.

Hasil ini diketahui dari survei tatap muka langsung yang dilakukan oleh Trust Indonesia Research and Consulting pada 3-12 Januari 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih mengikuti survei ini.Survei menggunakan teknik pengambilan sampel multistage random sampling, dengan menetapkan margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal menyampaikan bahwa duet Prabowo-Anies unggul ketika lembaganya melakukan simulasi terhadap 11 pasangan calon. "Prabowo-Anies tertinggi, 23,4%," kata Azhari dalam paparan hasil survei secara daring, Senin (31/1/2022).

Selanjutnya, pasangan kedua yang berpotensi memenangkan adalah duet Anies Baswedan dan Menparekraf Sandiaga Uno. Duet yang pernah terjadi di Pilkada DKI 2017 silam ini ternyata memiliki elektabilitas sebesar 17,6% di Pilpres 2024.

Kemudian, di peringkat ketiga terdapat duet Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 10,5%. Disusul pasangan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 8,3%. Sementara, duet Prabowo Subianto dan Ketua DPR RI Puan Maharani yang selama ini santer dikabarkan bakal maju di Pilpres 2024 hanya berada di peringkat keenam.



"Prabowo-Puan di peringkat selanjutnya, dengan (elektabilitas) 5,2%," ujarnya.

Baca juga: Menakar Kans Anies, Ridwan Kamil, dan Erick Diusung PAN di Pilpres 2024
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More