Kepuasan terhadap Jokowi Meningkat, Elektabilitas Gerindra Ikut Naik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:28 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Dok SINDO
JAKARTA - Naiknya tingkat kepuasan terhadap Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) berdampak pada kenaikan elektabilitas sejumlah parpol pendukung pemerintah termasuk Partai Gerindra . Di sisi lain, Demokrat menjadi parpol oposisi yang elektabilitasnya tertinggi.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia turut mengukur elektabilitas partai politik jelang Pemilu 2024. Dalam temuan survei ini, terlihat adanya kenaikan elektabilitas partai koalisi pendukung pemerintah.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa kenaikan ini ada kaitannya dengan tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo tengah meningkat tajam. Diketahui, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi mencapai 72 persen dalam survei November 2021.

"Jadi kalau kita lihat data di sini, partai partai pemerintah umumnya mengalami kenaikan. Partai oposisi yang naik hanya Demokrat, ini trennya," kata Burhanuddin dalam paparan hasil surveinya secara daring,Minggu (5/12/2021).

Berdasarkan data yang dipaparkan, PDI Perjuangan menduduki posisi pertama dengan elektabilitas 26,4 persen. PDIP mengalami kenaikan dari 24,4 persen pada Juli 2021.





Di urutan kedua ditempati Gerindra dengan elektabilitas 15,2 persen. Partai yang baru bergabung setelah Jokowi menjabat ini mendapatkan keuntungan dari peningkatan kepuasan kinerja Jokowi. Elektabilitasnya meningkat dari 12,8 persen pada Juli 2021.

"Yang menarik Gerindra, Gerindra ini termasuk new kid on the block di partai koalisi pemerintah, tapi sudah dapatkan insentif positif dari approval rating presiden yang naik," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, Golkar berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 10,6 persen, naik dari 9 persen pada Juli 2021. Partai Demokrat juga mengalami kenaikan. Meskipun berada di luar pemerintah, Demokrat memiliki elektabilitas 10 persen yang naik satu persen dari Juli 2021.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More