Pesan Haedar Nashir, Utamakan Kepentingan Negara di Atas Kepentingan Kroni dan Diri Sendiri

Kamis, 18 November 2021 - 13:06 WIB
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan pidato dalam Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah. FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES
JAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan pidato dalam Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah . Ia optimistis pandemi Covid-19 bisa diselesaikan jika semua pihak bersatu dan tidak bercerai-berai.

"Pandemi dan masalah negeri dapat diselesaikan secara simultan jika semua pihak bersatu dalam bingkai Indonesia milik bersama. Syaratnya tumbuhkan sikap mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kehendak diri, kroni, golongan, dan kepentingan sendiri-sendiri," katanya, Kamis (18/11/2021).

Haedar menuturkan, Indonesia akan gagal bangkit dan maju manakala para pihak bercerai-berai dan silang-sengketa dalam keangkuhan ananiyah-hizbiyah atau egoisme kelompok. Indonesia, katanya, harus dibawa maju bersama dalam semangat persatuan Indonesia dan kepribadian bangsa.

Baca juga: Presiden Jokowi: Selamat Milad ke-109 Muhammadiyah





"Kemajuan dan keunggulan Indonesia haruslah memiliki fondasi yang kokoh berlandaskan konstitusi, dasar negara Pancasila, serta nilai-nilai luhur agama dan kebudayaan yang hidup dan mendarah-daging dalam jati diri bangsa. Modal ruhaniahnya ialah kesungguhan dan benih kebaikan," tuturnya.

Haedar menyampaikan, kunci menghadapi pandemi dan menyelesaikan masalah negeri ialah tekad dan kesungguhan yang kuat disertai ketulusan, kejujuran, keterpercayaan, kecerdasan, keseksamaan, serta langkah-langkah tersistem yang terfokus pada mencari solusi, seraya menghindari sikap dan langkah yang serampangan, tidak prioritas, kontraproduksi, dan kegaduhan.

"Sungguh tidak ada kekuatan yang akan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan bangsa yang berat secara sendirian. Semua pihak berkiprah proaktif dalam kebersamaan, termasuk peran TNI dan Polri sebagai pilar penting negara," ucapnya.

Baca juga: Jokowi: Muhammadiyah Contohkan Kesalehan Sosial
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :