BPIP Hadiri Pelantikan Pengurus KPOTI Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara

Sabtu, 13 November 2021 - 20:01 WIB
BPIP menghadiri Pelantikan Pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara
DELISERDANG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menghadiri Pelantikan Pengurus Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara dan Pelatihan Pembentukan Pangkalan Olahraga Tradisional (Pangkotrad) Tahun 2021.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi yang mewakili BPIP Rima Agristina dalam acara tersebut menuturkan bahwa ini adalah amanah dan tugas mulia, bagaimana membawa anak-anak mampu kembali mengenal permainan tradisional yang berbasis pada kearifan lokal.

"Indonesia memiliki permainan tradisional terbanyak di dunia, yaitu kurang lebih 2.600 permainan. BPIP berharap Pancamain Indonesia seri berikutnya berasal dari Provinsi Sumatera Utara. Maka sekali lagi kita mengajak untuk terus menggali dan melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/11/2021).

Pancamain ini dapat menjadi media pembelajaran Pancasila untuk anak-anak dengan cara yang menyenangkan karena dunia anak adalah dunia bermain dan dalam dunia bermain inilah cara tepat dalam mengenalkan Pancasila kepada kalangan anak-anak.

Pelantikan bertema 'Kokohkan Pertahanan Bangsa lewat Budaya Melalui Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia' itu digelar, Kamis (11/11/2021) di Balairung Pemkab Deliserdang. Hadir Ketua Umum KPOTI Pusat Zaini Alif, Kadisbudpar Sumut Zumri Sulthony, Asisten I Pemkab DS Citra Efendi Capa, Ketua TP PKK Deli Serdang Yunita Siregar, Ketua KONI Sumut John Lubis, Sejarawan Ichwan Azhari, Dosen Fisip USU Faisal Mahrawa serta seluruh pengurus KPOTI kabupaten/kota se-Sumatera Utara.



Setelah pelantikan, KPOTI Sumut langsung menggelar pelatihan pembentukan Pangkotrad di Kabupaten Deli Serdang. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari yang diisi sejumlah materi, di antaranya pembentukan Pangkotrad, hingga workshop jurnalistik kebudayaan.

Kenny Tawarnate selaku Analis Kebijakan Ahli Madya BPIP, dalam pelatihan tersebut menuturkan bahwa membentuk karakter nasionalisme itu bisa dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan permainan tradisional.

"BPIP berharap bahwa akan ada pembentukan pangkotrad didaerah lainnya guna membentuk karakter nasionalisme pada anak. Pelatihan pembentukan Pangkotrad di Sumatera Utara sudah dilaksanakan di empat daerah, yakni Kabupaten Langkat, Kabupaten Labuan Selatan, Kabupaten Toba dan Kabupaten Padang Sidimpuan. CM
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(ars)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More