BKN PDIP Lestarikan Kebudayaan lewat Pertunjukan Wayang Orang Bharata

Sabtu, 06 November 2021 - 23:18 WIB
Dalam kesempatan yang sama, Rano Karno juga menegaskan bahwa ketoprak dipilih karena menyesuaikan spirit Sumpah Pemuda dengan memaknakan kembali Sumpah Palapa Gadjah Mada. “Dalam waktu dekat, Wayang Orang Bharata juga akan ditampilkan dengan lakon yang menggugah sifat kesatria, dan mengobarkan nasionalisme bagi seluruh anak bangsa,” ujar Rano.

Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata Kentus mengucapkan terima kasih kepada PDI Perjuangan. Dengan adanya pertunjukan ini memberikan dampak yang luar biasa bagi para seniman. "Inilah kebangkitan tradisi wayang orang khususnya ketoprak akan bangkit lagi. Sebelumnya semua pada tiarap," ucap Kentus.



Kentus bercerita sudah hampir dua tahun, pagelaran wayang orang tidak bisa disaksikan langsung oleh penonton. Karena harus menyesuaikan penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah.

"Panggung kalau tak ditonton langsung gregetnya itu tak keluar," kelakar Kentus. Ia berharap wayang orang ke depan tetap eksis, dan tetap diminati oleh masyarakat luas. Supaya kesenian nasional bisa pulih dan para seniman bisa bangkit.
(thm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More